Wawancara Kerja

Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan “Kenapa Anda Mau Bekerja di Sini”

Anda tidak bisa memberikan jawaban, karena saya perlu uang atau saya sedang menganggur. Itu jawaban yang tidak profesional.  Apa yang sebenarnya ingin diketahui pewawancara dari pertanyaan tersebut?

Pada dasarnya pertanyaan ini untuk mengukur minat Anda kepada perusahaan. Saat mewawancarai calon karyawan, pewawancara sangat ingin menentukan kandidat mana yang benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut secara tepat, tidak hanya orang yang menginginkan pekerjaan yang mana saja.

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah bersiap dan memiliki pengetahuan tentang perusahaan. Jawaban Anda akan menunjukkan bahwa Anda akan cocok dengan budaya dan misi perusahaan, dan bahwa pekerjaan itu sendiri relevan dengan keterampilan dan minat Anda.

Luangkan waktu untuk meneliti perusahaan. Baca Bagian “Tentang Kami” di situs web perusahaan adalah tempat yang baik untuk memulai mencari tahu tentang perusahaan. Anda dapat membaca tentang tujuan perusahaan di situs webnya dan melihat apakah tujuan perusahaan tersebut sesuai dengan visi dan misi Anda dalam karier.

Berikut adalah beberapa contoh jawaban yang dapat membantu Anda menyusun apa yang akan Anda katakan.

  • “Perusahaan ini dikenal secara internasional dengan produk perawatan kesehatannya dan pengalaman saya dalam pemasaran produk perawatan kesehatan membuat saya tertarik dengan peluang yang diberikan posisi ini.”

Jawaban ini menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda telah meneliti apa yang dilakukan perusahaan dan apa yang terkenal. Ini juga menunjukkan kepada pewawancara bahwa tujuan karier dan keahlian Anda cocok untuk perusahaan.

  • “Bisnis Anda dikenal karena membuat komitmen kepada masyarakat. Saya ingin sekali mendapatkan kesempatan untuk menggunakan pengalaman 10 tahun saya dalam periklanan untuk maju bersama perusahaan Anda.”

Jawaban ini menunjukkan bahwa Anda akan menggunakan keterampilan kerja Anda dengan cara terbaik untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

  • “Perusahaan ini memiliki model bisnis yang hebat. Saya lihat di media sosialnya, produk Anda digunakan dengan antusias. Saya sendiri termasuk orang yang menggunakan produk tersebut dan ingin menjadi bagian dari pengembangan dan distribusi produk.”

Jawaban ini menunjukkan Anda telah melakukan penelitian yang spesifik. Anda tidak hanya melihat laporan tahunan mereka karena Anda telah melihat model bisnis dan keuangan mereka, tetapi Anda juga telah mengikuti mereka di media sosial. Anda bahkan telah menggunakan produk mereka. Anda tertarik untuk membantu mereka mengembangkan produk tersebut. Pewawancara akan sangat menyukai jawaban ini.

Untuk bisa menjawab pertanyaan alasan bekerja di perusahaan yang Anda lamar, Anda perlu tahu banyak tentang perusahaan. Berdasarkan hasil pencarian Anda tentang perusahaan, kaitkan keterampilan kerja Anda dengan perusahaan dan bagaimana Anda dapat berkontribusi melalui posisi yang Anda lamar.

Kemudian bersikaplah jujur. Meskipun Anda ingin menghubungkan keterampilan kerja Anda dengan budaya dan misi perusahaan, jangan melebih-lebihkan. Berikan komentar yang singkat dan padat yang menunjukkan keinginan untuk berkontribusi bukan hanya keuntungan semata.