Wawancara Kerja

Ini Jawaban Tepat untuk Pertanyaan Goal di Karier

Sering menerima pertanyaan ini dan bingun menjawabnya? Anda tidak sendirian. Jika Anda belum memikirkan tentang karier jangka panjang Anda, ada baiknya Anda memikirkannya sebelum melakukan wawancara kerja, karena ini bisa menjadi pertanyaan pewawancara. Selama wawancara, pewawancara mungkin bertanya, “Apa tujuan karir jangka panjang Anda?”

Atau Anda mungkin mendapatkan pertanyaan wawancara serupa seperti, “Lima tahun ke depan Anda ingin berada di posisi seperti apa?” dan “Apa tujuan Anda dalam lima sampai sepuluh tahun yang akan datang?”

Di balik pertanyaan ini, pewawancara sebenarnya ingin tahu apakah Anda berencana untuk tinggal di perusahaan untuk sementara waktu, atau apakah Anda kemungkinan besar akan pergi jika ada kesempatan lain. Mengajukan pertanyaan yang berfokus pada masa depan selama wawancara adalah sesuatu yang umum terjadi.

Untuk pewawancara, taktik ini membantu mengungkapkan jika Anda memiliki visi atau rencana jangka panjang. Mempekerjakan lalu beradaptasi dengan karyawan adalah sesuatu yang tidak mudah. Pewawancara ingin memastikan bahwa Anda berniat untuk tinggal di waktu yang masuk akal untuk perusahaan. Namun, pewawancara juga ingin memastikan bahwa Anda memiliki ambisi dan tujuan untuk masa depan Anda. Bagaimana cara menjawabnya? Simak di sini!

1. Mulailah dengan tujuan jangka pendek, lalu pindah ke tujuan jangka panjang

Anda mungkin memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan jangka pendek Anda. Mulailah dengan mendeskripsikan tujuan-tujuan ini, kemudian beralih ke rencana jangka panjang. Jelaskan mengapa Anda melakukan tindakan demikian.

Anda perlu menjelaskan secara singkat langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika Anda ingin mengambil peran manajemen, jelaskan langkah-langkah yang telah Anda ambil, atau yang akan Anda ambil, untuk menjadi seorang manajer.

Mungkin Anda sedang mengembangkan keterampilan kepemimpinan dengan menjalankan proyek tertentu, menghadiri serangkaian konferensi kepemimpinan, atau menjalani sertifikasi manajemen khusus.

Menjelaskan rencana Anda menunjukkan bahwa Anda berpikir secara analitis tentang masa depan karier Anda dan potensi pertumbuhan Anda dalam perusahaan. Misalnya, jika Anda berencana untuk melanjutkan pendidikan Anda, jelaskan tujuan Anda dengan cara yang meningkatkan nilai Anda bagi perusahaan.

2. Fokus pada perusahaan

Meskipun pertanyaan ini tentang Anda, Anda bisa secara tidak langsung menyampaikan bahwa Anda tidak akan meninggalkan perusahaan dalam waktu dekat. Fokus pada bagaimana Anda akan memberi nilai tambah bagi perusahaan melalui pencapaian tujuan Anda sendiri. Juga, yakinkan pewawancara bahwa bekerja di perusahaan ini akan membantu Anda mencapai tujuan Anda untuk situasi win-win.

3. Apa yang tidak boleh dikatakan

Hindari membahas gaji. Jangan fokus pada tujuan yang terkait dengan penghasilan, kenaikan gaji, bonus, atau keuntungan. Anda ingin fokus pada pekerjaan yang ingin Anda capai, daripada uang yang ingin Anda hasilkan. Tidak masalah untuk memberikan kisaran gaji jika diminta.