Wawancara Kerja

Sudah Melakukan Banyak Wawancara tapi Belum Diterima Juga, Salahnya Di mana?

Jika Anda telah mengikuti banyak wawancara dan belum menerima tawaran pekerjaan apa pun, jangan khawatir Anda tidak sendiri yang mengalaminya dan itu adalah hal yang wajar.  Perlu diketahui ada banyak hal yang tidak bisa Anda kendalikan. Tidak peduli seberapa baiknya Anda melakukannya.

Misalnya saja perusahaan sudah memutuskan seseorang secara internal, tetapi kebijakan perusahaan mengatakan setidaknya beberapa kandidat eksternal harus diwawancarai. Termasuk juga seorang anggota keluarga atau teman dari seorang karyawan dipekerjakan.

Banyak hal bisa terjadi yang tidak ada hubungannya dengan Anda. Jadi, jika Anda menyalahkan diri sendiri, mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa melakukan yang lebih baik, sangat mungkin tidak ada yang bisa Anda lakukan akan mengubah hasilnya.

Jangan biarkan hasil wawancara yang tidak memuaskan membuat Anda putus asa. Wawancara yang tidak berjalan sempurna adalah bagian dari proses menemukan pekerjaan impian Anda. Alasan mengapa kebanyakan orang tidak mendapatkan pekerjaan impian sebenarnya bukan karena mereka tidak bisa; itu karena mereka meremehkan apa yang diperlukan untuk sampai ke sana, dan mereka menyerah terlalu cepat.

Menyemangati diri itu perlu, tapi jangan lupa untuk mengambil hikmah dan menelaah wawancara-wawancara yang sebelumnya, bisa jadi Anda:

1. Mengalami kelelahan wawancara

Kelelahan wawancara adalah masalah yang sangat nyata yang dapat menyabotase wawancara hasil Anda. Anda sudah terlalu banyak melakukan wawancara sampai-sampai merasa lelah dan numb. Bagaimana solusinya? Cobalah untuk memilah-milah lamaran sebelum benar-benar dikirimkan. Ibarat menembakkan peluru, pastikan sasaran yang hendak Anda tembak adalah sesuatu yang Anda inginkan, jangan hanya buang-buang amunisi saja.

2. Kurangnya persiapan

Kurangnya persiapan membuat hasil wawancara tidak maksimal. Solusinya adalah lakukan persiapan dengan matang dengan membaca resume benar-benar kemudian menggali potensi diri yang ingin disampaikan kepada pewawancara. Kalau bisa bayangkan Anda sedang diwawancara dan diajukan pertanyaan. Supaya persiapan lebih maksimal, tidak ada salahnya Anda menonton tips wawancara dan menjawab pertanyaan yang ada di youtube.