Wawancara Kerja

Bagaimana Cara Menunjukkan Rasa Percaya Diri saat Wawancara

“Pede aja ya nanti pas wawancara!”

Anda pasti sering mendengar kalimat ini dari teman atau keluarga, saat memberikan semangat ketika hendak menghadapi wawancara kerja. Faktanya, menjadi percaya diri tidak semudah mengatakannya.

Ketika akhirnya Anda berhadapan dengan pewawancara Anda dengan segera melupakan kalimat-kalimat penyemangat tersebut dan berkubang dengan kegugupan, cemas, keringat dingin, serta insecure lainnya.

Anda boleh saja merasa tidak percaya diri, tapi jangan sampai pewawancara mendapati Anda tidak percaya diri. Itu bisa membuat pewawancara menganggap Anda sepele. Yuk, simak di sini bagaimana cara menunjukkan rasa percaya diri saat wawancara!

1. Terhubung Bukan Terkesan

Dalam sebuah wawancara, penting untuk tampil sebagai orang yang disukai. Jadi, untuk memaksimalkan kepercayaan diri, energi Anda harus difokuskan pada membangun hubungan dengan pewawancara Anda daripada membuatnya terkesan.

2. Gunakan Teknik Pernapasan

Inti dari kepercayaan diri adalah perasaan rileks. Jadi, latihan pernapasan dan kesadaran sangat membantu. Tetap hadir dengan berfokus pada pernapasan Anda sebelum wawancara akan membantu menenangkan saraf.

Ketika cemas, darah yang mengalir dari otak akan memasang mode bahaya sehingga kognitif jadi terganggu. Bernapas dalam-dalam secara perlahan akan membawa oksigen kembali ke otak dan membantu Anda berpikir jernih.

3. Bersikaplah Baik kepada Diri Sendiri sebelum Wawancara

Penting untuk berbicara kepada diri sendiri dengan rasa sayang dan menghilangkan pemikiran kritis yang menghalangi Anda untuk percaya diri. Jangan takut untuk menjual diri sendiri. Orang-orang khawatir akan terlihat sombong tetapi pewawancara bukanlah pembaca pikiran dan tidak secara otomatis tahu apa yang Anda tawarkan, jadi terserah Anda untuk memberi tahu apa saja ke pewawancara.

4. Bayangkan diri Anda berhasil

Membayangkan diri Anda sukses pada wawancara kerja akan meningkatkan rasa percaya diri Sebelum wawancara, visualisasikan wawancara yang akan Anda lakukan. Bayangkan bagaimana Anda berjalan ke ruangan, berjabat tangan dengan pewawancara dan menjawab pertanyaan dengan percaya diri. Teknik ini akan membantu menenangkan saraf sebelum wawancara.

5. Persiapkan Menjawab Pertanyaan dengan Lantang

Jika Anda pergi ke wawancara dengan jawaban yang telah disiapkan ini akan menghilangkan tekanan dan Anda dapat pergi wawancara dengan lebih percaya diri. Ketahui keterampilan, pengalaman, pengetahuan dan kualitas pribadi yang Anda miliki dan bayangkan itu semua sesat sebelum Anda melakukan wawancara.

6. Bertemanlah dengan Kecemasan

Cara lain menunjukkan sikap percaya diri adalah dengan “berteman” dengan kecemasan. Sebelum wawancara, coba tanamkan ke diri, saya memang cemas dan itu bukan sesuatu yang besar dan tidak bisa dihadapi. Semua orang gugup saat wawancara, tapi yang terpenting adalah bagaimana menghadapi kecemasan dan tetap menyelesaikan bagian Anda.

Selamat melakukan wawancara!