Dunia Kerja

Tips Disegani Rekan Kerja

respect-employeeSiapa yang tak mau menjadi karyawan yang disegani oleh rekan-rekan kerja lainnya. Banyak hal positif yang bisa Anda peroleh bila rekan-rekan kerja segan dengan Anda. Tidak hanya wibawa saja yang terjaga tetapi juga peningkatan karier dan minim konflik dengan rekan lainnya. Rekan-rekan pun tidak akan berani menjelek-jelekkan ataupun menikung jika ada rasa segan. Anda ingin menjadi sosok yang disegani rekan-rekan lain?

  1. Nilai Lebih

Anda harus punya nilai lebih dibanding rekan-rekan kerja yang lain. Tentu saja kelebihan ini berkaitan dengan pekerjaan. Misalnya Anda selalu tanggap dengan informasi baru, sehingga rekan-rekan lain selalu mengandalkan Anda. Membuat rekan-rekan “tergantung” dengan Anda adalah salah satu hal yang membuat Anda disegani yang lainnya.

  1. Sedikit Bicara

Semakin sering Anda berkomunikasi dengan yang lain maka semakin “dekat” Anda dengan mereka yang memperbesar kemungkinan Anda untuk harus menahan diri untuk menegur berkaitan dengan pekerjaan yang bermasalah. Soalnya Anda akan merasa tidak enak hati takut jika rekan tersebut tersinggung.

  1. Jangan Bergosip

Jangan senang mempergunjingkan orang lain. Bisa jadi rekan-rekan tertawa atau terlihat asyik mendengarkan setiap perkataan Anda tapi tidak tahu di belakang bagaimana tanggapan mereka kepada Anda. Bisa jadi Anda dicap “mulut ember” dan tidak bisa dipercaya. Bagaimana orang mau segan dengan seseorang yang tak bisa dipercaya?

  1. Minim Kesalahan

Memamng tidak ada manusia yang sempurna tetapi alangkah baiknya Anda melakukan setiap pekerjaan dengan semaksimal mungkin dan setepat waktunya. Dengan demikian rekan-rekan bisa melihat kalau Anda orang yang tak hanya bertanggung-jawab tetapi juga dapat menuntaskan pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

  1. Mau Membantu

Sejatinya jadilah rekan kerja yang baik dan mau membantu rekan-rekan lain bila sedang dalam kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Jangan terlalu perhitungan jika Anda tahu dan dapat membantu kenapa tidak dilakukan. Dengan Anda bersikap ringan tangan rekan-rekan lain dapat menilai sikap Anda yang demikian sehingga dengan sendirinya wibawa Anda terjaga di depan hadapan mereka.