Dunia Kerja

Mengatasi Gosip di Kantor

gosipPaling kesal kalau rekan-rekan kantor sangat hobi bergosip. Dan paling tidak “jantannya” adalah mereka senang menggosipkan orang-orang ketika orang tersebut tidak ada di dekat mereka. Dan begitu seterusnya digilir, siapa yang tidak ada dijadikan bahan cerita.

Pasti Anda pernah mengalaminya. Masalahnya tidak selamanya mood Anda sedang baik sehingga bisa dengan ringan hati membiarkan saja. Apa yang harus dilakukan ketika amarah sudah sampai di ubub-ubun? Adakah cara untuk membuat mereka berhenti menggosipkan Anda?

  1. Sadari

Sejatinya Anda harus menyadari kalau dimana-mana di semua kantor pergunjingan tersebut lazim terjadi. Mau bagaimana lagi, anggaplah itu sebagai bumbu kantor. Kalau mereka kerjanya hanya di dalam tumpukan kertas saja mungkin bisa mati kebosanan. Makanya mereka mencari sesuatu yang bisa meriakan hati mereka ya dengan bergosip.

  1. Perhatikan Laku

Supaya terhindar dari bahaya bahan gosip di kantor jangan memberi kesempatan mereka untuk menggunjingkan Anda. Perhatikan laku dan kata Anda sehingga tidak ada satu hal dari Anda yang bisa dijadikan bahan cerita. Jangan terlalu terbuka dan jangan juga terlalu tertutup. Jaga jarak dengan semua orang, karena sejatinya tidka ada yang bisa dipercaya

  1. Dewasa

Namanya juga manusia selalu mencari kesalahan dan kekurangan orang lain untuk diolok-olok. Benarpun yang Anda lakukan pasti dianggap sebagai sesuatu yang menyimpang yang bisa dijadikan bahan cerita. Disini dituntut kedewasaan Anda dalam berpikir dan bertindak.

  1. Tidak Hanya Anda

Bukan hanya Anda saja yang dijadikan bahan gosip. Coba saja Anda amati dan dengarkan. Ketika Anda ada pasti mereka juga menceritakan orang lain. Dengan demikian sudah sejatinya Anda tidak usah berpusing-pusing ria mengenai hal tersebut. Anggap saja mereka hanya sekumpulan anak kecil yang kurang kerjaan.

  1. Tegas dan Tegur

Jika sudah sangat mengganggu Anda bisa dengan tegas menegur dan menyampaikan pendapat Anda tentang mereka. Anda bisa mengatakan secara langsung kalau Anda tidak suka dengan sikap mereka yang membicarakan Anda di belakang Anda.