Dunia Kerja

Kiat Menghadapi Penjilat di Kantor

penjilatMustahil buat kita untuk mengatur dengan siapa-siapa saja kita bisa berkomunikasi dan bersosialisasi. Apalagi di lingkungan kerja, ada banyak orang dengan karakteristik berupa-rupa yang kita temukan.

Permasalahannya adalah apakah kita bisa deal dengan orang-orang demikian. Apalagi ketika kita diperhadapkan dengan orang-orang yang senang menjilat. Apa yang harus dilakukan bila suatu masa harus berhubungan dengan para penjilat?

  1. Waspada

Anda harus senantiasa waspada dan memasang alarm jangan sampai Anda termakan omongannya. Jangan langsung menerima mentah-mentah setiap informasi darinya. Karena orang dengan tipe demikian susah untuk dipercaya dan sering mengambil keuntungan dalam pelbagai peristiwa.

  1. Jangan Berbagi Privasi

Jangan sampai Anda keceplosan menceritakan masalah pribadi Anda. Biasanya orang-orang dengan tipe demikian pintar berbicara dan mengorek informasi dari orang lain. Makanya ketika dia berusaha mencari informasi dari Anda dengan cara halus Anda jangan mau mengatakan hal-hal yang ke depannya bisa menjadi senjata buatnya.

  1. Jauhi Gosip

Satu hal lagi yang harus Anda waspadai adalah jangan sampai Anda memberi kesempatan buatnya untuk bergosip. Apalagi gosip ini berkaitan dengan orang-orang penting ataupun atasan Anda. Intinya jangan membagi informasi penting kepada orang-orang demikian. Pada akhirnya bila saatnya tepat dia bisa menjadikan ini sebagai alat untuk menguntungkannya.

  1. Kroscek

Kroscek kebenaran jika Anda diperhadapkan pada situasi dimana Anda disudutkan dengan pernyataannya. Kenapa harus takut kalau Anda merasa benar dan tahu pasti kalau informasi tersebut berasal dari dia. Tanyakan saja langsung kepada orangnya dengan blak-blakan. Biasanya ketika ditanyakan dia akan berpura-pura polos. Nah, di sini Anda dituntut untuk tegas, jangan mau dipermainkan situasi berbahaya yang diciptakan oleh si penjilat tersebut.

  1. Jauhi

Tidak penting untuk berteman dengan orang-orang demikian. Jadi sebaiknya yang paling cerdas Anda lakukan adalah menjauhinya. And ajuga harus menunjukkan sikap kalau Anda tidak mau berdamai dengan kebiasaan buruknya tersebut. Tetapi jangan menjauhinya secara ekstrem, nanti malah ini sengaja dijadikannya sebagai alat untuk “mengganggu” Anda.