Wawancara Kerja

Ditawari Posisi Lain Saat Melamar

Adakalanya saat melamar ke sebuah perusahaan dan sedang dalam tahap wawancara perusahaan tersebut memberikan penawaran lain dimana Anda menurutnya lebih sesuai dengan posisi berbeda dengan yang Anda lamar.

Jangan terburu-buru menolaknya, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan berkata iya atau tidak.

1. Alasan Jelas

Sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas alasan yang melatarbelakangi perusahaan ingin menempatkan Anda di posisi berbeda. Apakah karena Anda dirasa kurang berkompeten di bidang yang Anda lamar, posisi tersebut sudah ada yang mengisi ataupun posisi yang diberikan tersebut lebih cocok dengan Anda.

2. Nilai Jual

Anda juga harus bisa mengira-ngira nilai jual di posisi yang ditawarkan tersebut bagaimana. Bukan tak mungkin kalau ternyata perusahaan menawarkan posisi yang lebih baik ketimbang yang Anda lamar.

3. Tawaran Lain

Ketahui juga tawaran-tawaran lain yang Anda dapatkan selain posisi yang berbeda tadi. Bisa saja berbeda posisi membuat tugas dan tanggung-jawab yang akan Anda pikul berbeda juga. Anda juga harus mempertimbangkan apakah penawaran ini akan menguntungkan untuk Anda secara karier dan finansial.

4. Cadangan

Pastikan kalau memang posisi yang ditawarkan kepada Anda memang sudah posisi yang “tetap”. Dalam arti Anda bukan sebagai cadangan dimana posisi tersebut akan diberikan kepada Anda kalau orang yang perusahaan harapkan tidak jadi menempati posisi tersebut. Bila demikian yang terjadi Anda tidak bisa berharap banyak .

5. Seberapa besar ketertarikan Anda

Ini juga menjadi poin penting. Jangan hanya karena Anda ditawarkan lantas Anda menerima begitu saja. Anda harus tetap mempertimbangkan seberapa besar ketertarikan Anda pada bidang tersebut. Karena pada akhrinya minat mempengaruhi juga kinerja Anda di perusahaan tersebut.

6. Peluang lain

Anda harus bisa menimbang peluang-peluang yang mungkin Anda peroleh—walau bukan di posisi pertama yang Anda lamar. Jika ada kemungkinan yang lebih baik tidak ada salahnya Anda mencoba untuk bergabung di perusahaan tersebut meski dengan posisi yang berbeda.