Kolom Pencari Kerja

Tips Negosiasi Gaji dengan HRD

Menegosiasikan gaji bisa jadi sulit terutama di masa pandemi saat ini. Antara Anda ingin menaikkan “nilai” Anda tapi juga takut nominal yang Anda utarakan terlalu tinggi. Seharusnya dengan persiapan yang tepat, negosiasi bisa menjadi jauh lebih mudah.

Kalau Anda masih bingung bagaimana cara bernegosiasi, simak tipsnya di bawah ini!

1. Bersikaplah Masuk Akal

Hargai keterampilan Anda dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi nilai keahlian Anda. Jika Anda melamar pekerjaan di Yogyakarta, bayarannya tidak akan sama seperti di jakarta, tidak peduli seberapa baik keahlian Anda.

Jika Anda mencari promosi, pastikan keahlian Anda terkini dan diperlukan. Selain itu, pikirkan tentang konteks yang lebih luas antara nilai yang akan Anda ajukan dan kemampuan perusahaan. Apakah Anda memang talenta yang dicari oleh perusahaan? Waspadai kemungkinan penolakan sehingga Anda memiliki jawaban yang sesuai.

2. Tunjukkan Mengapa Anda Layak

Meskipun sebagian dari kita percaya bahwa nilai kita bagi suatu perusahaan sudah jelas, sebenarnya tidak selalu begitu. Terkadang Anda perlu menunjukkan kalau Anda memang mampu dan layak. Pelajari cara mengukur dan menunjukkan nilai Anda bagi perusahaan. Berikan contoh konkret tentang bagaimana sumbangsih Anda kepada perusahaan. Kalau perlu, Anda bisa menyinggung prestasi yang Anda cetak di perusahaan-perusahaan sebelumnya.

3. Tanyakan Alasan Perusahaan Menawarkan Nilai Sekian

Tanyakan kepada perusahaan bagaimana dan mengapa mereka menyampaikan nominal tersebut. Beberapa perusahaan menawarkan gaji pokok yang lebih rendah tetapi kesempatan untuk mendapatkan komisi tidak terbatas. Perusahaan lain menawarkan hal-hal seperti lembur, bonus akhir tahun yang besar, jadwal yang fleksibel, kerja jarak jauh, atau fasilitas lain untuk menebus gaji.

Penting untuk melihat semua yang ditawarkan perusahaan sebelum berasumsi bahwa mereka memberikan penawaran yang rendah. Bisa jadi mereka telah belajar bahwa memberikan tunjangan daripada gaji besar lebih baik untuk karyawan. Tanyakan detail tentang semua manfaat yang tersedia sebelum Anda menerima tawaran apa pun.

Terkadang perusahaan tidak dalam posisi keuangan yang kuat. Tanyakan tentang prospek pendapatan perusahaan dan kemungkinan meninjau kembali gaji Anda dalam tiga atau enam bulan.

4. Tetap Tenang Selama Negosiasi

Bersikaplah positif dan jelas bahwa Anda senang dengan peran potensial di perusahaan. Lebih penting lagi, jangan membuat janji kosong. Jangan juga membuat komentar yang merendahkan yang hanya akan membuat tim HRD ilfeel dengan sikap Anda.

Bagaimana, sudah siap untuk melakukan negosiasi?