Wawancara Kerja

Tips Menjawab Pertanyaan, Bagaimana Rekan Kerja Anda Mendeskripsikan Kepribadian Anda

Saat mempersiapkan wawancara, luangkan waktu untuk meneliti dan melatih jawaban tentang bagaimana Anda dan orang lain akan menggambarkan karakteristik utama Anda. Memikirkan kualitas terbaik Anda sebelumnya dan memutuskan bagaimana menghubungkannya dengan pekerjaan dapat memberi Anda kepercayaan diri ketika pertanyaan serupa muncul dalam sebuah wawancara.

Ada baiknya sebelum mengikuti wawancara kerja, Anda bisa melatih dan mengembangkan tanggapan yang kuat sebelum melakukan wawancara. Sehingga Anda bisa memberikan jawaban yang kuat ketika pertanyaan tentang, bagaimana rekan kerja Anda akan menggambarkan Anda.

1. Pikirkan Kekuatan Anda

Buat daftar kualitas terkuat Anda dan pertimbangkan bagaimana Anda mengekspresikannya di tempat kerja. Jawaban Anda atas pertanyaan tentang bagaimana orang lain akan mendeskripsikan Anda sebaiknya hanya berfokus pada sifat positif yang Anda tawarkan di tempat kerja. Pilih kata sifat yang berkaitan dengan disposisi dan etos kerja Anda, dengan menekankan soft skill yang membuat Anda unik.

2. Cocokkan Tindakan dengan Deskripsi

Pikirkan tentang semua tugas yang Anda lakukan dan keterampilan yang Anda gunakan setiap hari di pekerjaan Anda, dan identifikasi karakteristik mana yang membantu Anda menyelesaikan pekerjaan Anda. Mencocokkan setiap kata deskriptif dengan tindakan dapat membantu Anda menjelaskan kepada pewawancara dengan tepat bagaimana kepribadian Anda memfasilitasi kesuksesan Anda di tempat kerja. Pikirkan anekdot dan cerita yang dapat Anda gunakan sebagai bukti untuk deskripsi yang Anda pilih.

3. Referensi Tinjauan Kinerja

Salah satu cara terbaik untuk memahami bagaimana orang lain menggambarkan Anda adalah dengan melihat umpan balik dan ulasan kinerja sebelumnya. Ulasan sejawat dari rekan kerja dan umpan balik manajer dapat memberi Anda gagasan tentang bagaimana kolega Anda akan menggambarkan Anda. Cari tema dalam ulasan kinerja Anda yang mewakili deskripsi menyeluruh tentang Anda di tempat kerja.

4. Pertimbangkan Percakapan Sebelumnya

Lihat email kantor, dan cob abaca-baca dan renungkan percakapan sebelumnya dengan rekan kerja terdekat untuk memahami bagaimana Anda menonjol di tempat kerja. Perhatikan pujian, kemudian pikirkan tentang bagaimana merangkum umpan balik dari rekan kerja Anda secara ringkas menjadi respons wawancara yang kuat.

5. Bicaralah dengan Rekan Kerja Anda

Jika Anda kesulitan mencari jawaban atas pertanyaan ini, tanyakan langsung kepada rekan kerja Anda bagaimana mereka akan menggambarkan Anda kepada profesional lain di industri Anda. Menanyakan beberapa orang berbeda tentang perspektif mereka dapat membantu Anda mendapatkan wawasan tentang hubungan kerja Anda dan memberikan konten yang dapat diandalkan untuk jawaban Anda dalam wawancara.

6. Tinjau Posting pekerjaan

Lihatlah deskripsi pekerjaan dan soroti setiap detail dari kandidat ideal mereka. Pikirkan tentang bagaimana Anda memenuhi persyaratan tersebut dan catat kata kunci yang dapat Anda gunakan dalam jawaban Anda. Merujuk secara tidak langsung postingan pekerjaan dengan menggunakan bahasa yang serupa menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda benar-benar merenungkan posisi tersebut dan menyesuaikan dengan kualifikasi yang Anda punya.

7. Tulis dan Latih Kemungkinan Jawaban

Tuliskan beberapa kemungkinan tanggapan untuk pertanyaan ini dan bacalah untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan pada jawaban wawancara Anda. Berlatih membaca jawaban yang berbeda di depan cermin dapat mempersiapkan Anda untuk mengingat topik dan cerita yang akan Anda diskusikan untuk mendukung jawaban Anda.

Selamat mencoba dan tetap semangat mencari pekerjaan ya!