Kolom Pencari Kerja Wawancara Kerja

Tips Mengganti Jadwal Wawancara Kerja

interview-meetingJangan hanya karena Anda adalah pihak yang diwawancara lantas Anda tidak punya hak untuk mengatur jadwal wawancara. Mengiyakan waktu yang tidak bisa Anda tepati hanya akan membuat susah diri sendiri.

Jadi sebaiknya, sebelum semuanya jadi berantakan sangat baik kalau Anda jujur terlebih dahulu kalau di waktu yang ditunjuk tersebut Anda berhalangan. Bagaimana caranya supaya Anda terdengar tidak terkesan menggurui dan sopan?

  1. Jangan Langsung Iyakan

Biasanya saat user menawarkan jadwal bertemu untuk wawancara selalu diiringi dengan pertanyaan apakah Anda bisa di waktu tersebut atau tidak. Nah, ke depannya pertanyaan demikian jangan dianggap sebagai angin lalu tetapi disimak baik-baik sembari mengingat apakah di hari tersebut Anda memang kosong atau punya jadwal lain.

  1. Mencatat Semua Aktivitas

Akan lebih baik Anda mencatat semua aktivitas di tempat dimana Anda bisa senantiasa melihatnya. Misalnya di kalender ataupun di gadget. Sehingga kalau tiba-tiba ada panggilan wawancara Anda langsung bisa segera memeriksa apakah ada jadwal yang bertabrakan atau tidak.

  1. Prioritas

Anda harus bisa mengatur prioritas, mana jadwal yang lebih penting dari yang lainnya. Jangan berkata tidak untuk panggilan wawancara hanya karena harinya bertepatan dengan jadwal reuni SMA. Itu akan sangat-sangat tidak worth it untuk Anda lakukan. Tetapkan prioritas untuk hasil yang terbaik dari apa yang Anda kerjakan. Bagaimanapun Anda sedang bertaruh dengan masa depan Anda.

  1. Bukan Desakan

Nah, yang perlu Anda cermati dan perhatikan dari intonasi suara Anda adalah nada memerintah ataupun mendesak. User bisa menganggap Anda tidak menaruh respek pada panggilan mereka. Pun mereka akan menganggap Anda mersa begitu spesial. Santunlah dalam berbicara, sampaikan permohonan maaf sebelum meminta kesediaan kenapa tidak bisa bertemu di tanggal yang ditentukan. Sampaikan alasannya dengan singkat tanpa bertele-tele.

  1. Nomor yang Bisa Dihubungi

Jangan lupa diakhir komunikasi mintalah nomor yang bisa dihubungi bila sewaktu-waktu ada halangan yang tidak direncanakan. Sehingga Anda bisa menghubungi user untuk mengabari keadaan Anda.