Kolom Pencari Kerja

Plus Menjadi Fresh Graduate

fresh-graduatePersaingan dunia kerja sekarang ini memang semakin dahsyat namun bukan selamanya kondisi demikian memperkecil kesempatan para fresh graduate untuk mendatkan kesempatan bekerja di bidang yang disukainya. Ada banyak plus dari seorang fresh graduate yang harus Anda ketahui.

  1. Semangat 45

Anda memiliki semangat 45 untuk bekerja dan mengamalkan apa-apa yang Anda pelajari di kampus dulu. Situasi ini akan membuat Anda memiliki spirit lebih dalam bekerja dua kali lebih banyak ketimbang orang-orang yang bukan fresh graduate. Anda memiliki kelebihan semangat untuk belajar mendapatkan pengalaman baru di dunia pekerjaan.

  1. Lebih “Gampang” Diterima

Di satu sisi menjadi fresh graduate lebih mudah diterima di beberapa bidang pekerjaan. Misalnya di stasiun televisi, pegawai negeri sipil, customer service dan jenis-jenis pekerjaan lainnya.

  1. Tidak Banyak Maunya

Alasan kenapa perusahaan membuka kans besar untuk fresh graduate karena para fresh graduate ini tidak banyak permintaan—tidak seperti orang-orang “lama” yang sudah memiliki standardnya sendiri yang memang idealismenya ataupun yang dibawa dari perusahaan lama. Para fresh graduate biasa lebih mengutamakan menyerap pengalaman sebanyak-banyaknya bukan uang sebesar-besarnya.

  1. Saatnya Cari Pengalaman

Sebagai fresh graduate Anda bisa menjadikan “kepolosan” Anda untuk belajar dari para senior. Walaupun ada perasaan kesal juga karena dianggap remeh tetapi jadikan saja ini sebagai jalan ataupun kesempatan untuk mempelajari “dunia baru” yang kelak suatu saat bisa menjadi bekal Anda untuk karier yang lebih baik lagi.

  1. Lebih Mudah Diterima Kalau Salah

Salah satu plusnya lagi adalah, ketika melakukan kesalahan rekan-rekan kantor lebih mudah menerimanya karena ada “cap anak baru” yang tak terlihat di dahi Anda. Tetapi jangan jadikan ini sebagai kemudahan sehingga Anda tidak hati-hati dalam bekerja. Kalau Anda terlalu sering membuat kesalahan “cap anak baru” tersebut tidak akan pernah hilang dari dahi Anda.

  1. Usia Masih Muda

Perusahaan-perusahaan sekarang ini lebih memberi kesempatan anak-anak muda untuk berkarya dan berkreativitas ketimbang yang sudah berumur. Ada banyak pertimbangan, salah satunya adalah kepercayaan kalau anak-anak muda lebih kreatif dan up date soal teknologi komunikasi—yang memang sangat diperlukan di era teknologi baru dewasa ini.