Kolom Pencari Kerja

Fresh Graduate, Ini Nilai Plus Anda di Masa Pandemi

Tantangan dunia karier lebih sulit buat para fresh graduate? Bisa jadi. Tapi sebenarnya tidak hanya buat fresh graduate, hampir semua pencari kerja juga merasakan kesulitan yang sama. Pun begitu, percaya atau tidak, apakah Anda berstatus fresh graduate atau sudah senior, pastinya ada plus minusnya.

Nah, kalau Anda saat ini baru lulus kuliah, apakah nilai plus yang bisa digali untuk memantapkan karier Anda di masa pandemi? Baca selengkapnya di sini!

1. Perusahaan Suka Fresh Graduate

Beberapa perusahaan tertentu suka dengan fresh graduate, salah satu alasannya mereka yang baru lulus kuliah lebih mudah “dibentuk” ketimbang yang sudah punya pengalaman. Fresh graduate memudahkan perusahaan memasukkan nilai-nilai perusahaannya ketimbang pegawai senior yang membawa nilai-nilai dari tempat sebelumnya yang bisa jadi berbenturan dengan perusahaan yang sekarang.

2. Fresh Graduate Bukan Berarti Kosong Pengalaman

Apalagi kalau Anda termasuk orang yang aktif dan punya beberapa pengalaman sosial di lingkungan kuliah sebelumnya. Ini bisa menjadi nilai tambah buat perusahaan untuk tertarik merekrut Anda. Pastikan saja Anda dapat mempresentasikan diri Anda dengan baik melalui CV dan ketika wawancara kelak.

3. Fresh Graduate Umumnya Cakap dengan Teknologi

Ada keyakinan kalau para fresh graduate lebih fasih menggunakan teknologi. Ini bisa menjadi angin segar buat para fresh graduate untuk menunjukkan kemampuannya dalam berteknologi kepada perusahaan sasaran. Apalagi kalau buat Anda yang punya follower banyak di Instagram, kecakapan bersosial ini bisa jadi nilai plus yang menguntungkan di mata perusahaan.

4. Fresh Graduate Lebih Terbuka untuk Intern

Satu hal lain yang membuat perusahaan tertarik merekrut fresh graduate di masa pandemi tak lain karena fresh graduate lebih terbuka untuk intern. Beberapa perusahaan memulai perekrutan dengan penawaran intern baru kemudian melanjutkan kerja sama dengan kontrak kerja.

Biasanya para fresh graduate tidak begitu memusingkan gaji, karena dalam bayangan mereka mencari pengalaman kerja adalah fokus utama sebelum akhirnya menaikkan nilai diri untuk gajinya.

Bagaimana, apakah Anda termasuk fresh graduate yang punya nilai plus ini?