Wawancara Kerja

Menghadapi Walk in Interview on The Spot

Wawancara tidak hanya terjadi karena direncanakan jauh-jauh hari tetapi ada juga wawancara yang on the spot. Misalnya, kalau Anda mengikuti job fair, tidak jarang wawancara langsung dilakukan sesaat setelah Anda menjatuhkan lamaran.

Karenanya Anda tetap butuh mempersiapkan diri kemungkinan yang akan terjadi setiap kali mendatangi job fair ataupun bursa-bursa pekerjaan. Persiapan apa saja yang perlu dihadapi?

  1. Berpakaian Rapi

Senantiasa berpakaian rapi—namun tetap kasual, jangan terlalu rapi juga yang membuat Anda terlihat monoton dan membosankan, akan sangat membantu kala Anda sedang mendatangi job fair. Karena Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda akan langsung diwawancara atau tidak. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, bukan?

  1. Berkas Lengkap

Mempersiapkan kelengkapan berkas adalah hal penting lainnya yang harus dilakukan sebelum melenggang ke job fair. Tidak hanya dalam bentuk hard copy tetapi juga soft copy. Karena bukan tidak mungkin pihak perusahaan akan meminta soft copy-nya kepada Anda. Jangan lupa membawa pasphoto. Walaupun sudah zaman digital terkadang ada juga perusahaan yang tetap menggunakan sistem lama dalam proses perekrutannya.

  1. Persiapan Jawaban

Tidak konyol, kok kalau Anda menggunakan malam sebelum datang ke job fair untuk berlatih jawaban wawancara kerja apa yang akan Anda berikan bila user memberikan pertanyaan. Makanya, kuasailah apa yang Anda tuliskan di resume, supaya tidak ada dua jawaban satu yang tertulis dan yang Anda akan katakan. Jangan terlalu mempercantik resume Anda dengan informasi rekaan Anda untuk memikat user. Karena bukan tak mungkin Anda akan lupa dengan apa yang Anda tuliskan tersebut.

  1. Kuasai Posisi yang Anda Lamar

Sebaiknya Anda menguasai bidang yang Anda lamar. Bagaimana job desk-nya, tugas-tugas yang diemban buat orang yang menjabat posisi tersebut, akan bekerja-sama dengan departemen mana sajakah. Hal ini penting untuk Anda ketahui, supaya saat user bertanya Anda punya jawaban yang tepat untuk semua itu. Bagaimana Anda mau melamar sebuah posisi kalau Anda sendiri tidak mengetahui job deks dari jabatan tersebut.