Dunia Kerja

Ciri Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja

HandbookBaik sih boleh saja tetapi terlalu baik membuat Anda akan diinjak-injak dan diperlakukan sewenang-wenang oleh rekan kerja yang lain. Anda bisa saja punya banyak alasan untuk hal ini mulai dari perasaan tidak enak kalau menolak permintaan bantuan sampai memang sifat asli Anda yang suka membantu.

Tetapi perlu Anda ketahui sikap Anda yang terlalu baik bisa menjadi senjata makan tuan buat Anda pribadi. Bukan tak mungkin ada beberapa orang yang memafaatkan kebiasaan Anda ini untuk sesuatu yang tak baik.

  1. Jarang Mengatakan Tidak

Coba Anda cermati, amati dan ingat-ingat dalam sebulan ada berapa kata tidak yang Anda katakan kepada rekan kerja saat mereka memintai pertolongan kepada Anda. Kalau sama sekali tidak ada artinya Anda selalu berkata iya yang artinya Anda terlalu baik kepada rekan kerja.

  1. Menjadi “Penolong” Terakhir

Nah, sering terjadi ketika tidak ada lagi yang bisa diminati tolong, Anda selalu menjadi pilihan terakhir yang bisa menyelamatkan semuanya. Dan tidak hanya satu dua orang saja, semua rekan kerja mengetahui hal ini. Jika sampai ada pandangan demikian artinya memang sudah menjadi kebiasaan Anda untuk tidak bisa menolak permintaan bantuan.

  1. Anda Tidak Memedulikan Ucapan Terimakasih

Buat Anda ucapan terimakasih tidak begitu penting. Bahkan ketika yang lain tidak mengetahui kalau Andalah yang mengerjakan proyek tersebut, Anda tidak begitu mempersoalkannya. Ini sangat berbahaya, bagaimana Anda bisa dapat promosi dan jenjang karier yang lebih baik kalau Anda membiarkan rekan kerja mendapat pujian padahal Anda yang mengerjakannya?

  1. Tidak Menuntut Uang Lembur

Anda tidak menganggap penambahan waktu kerja sebagai lembur. Sehingga ketika yang lain sibuk menuntut uang lembur, Anda malah mengabaikannya. Entah apa yang ada di dalam pikiran Anda namun bersikap demikian sama saja Anda tidak memperjuangkan apa yang menjadi hak Anda. Itu bukan perusahaan Anda kenapa juga Anda mau bekerja tanpa bayaran? Memperjuangkan uang lembur adalah hak Anda sebagaimana Anda sudah menjalankan kewajiban untuk lembur.