Perencanaan Karir

Banting Setir di Usia 30

karir-pilihan

Sah-sah saja untuk Anda lakukan, jika Anda yakin kalau Anda lebih bahagia dengan profesi yang Anda pilih ini dan bisa sukses ke depannya. Banyak kok, orang-orang sukses yang memulai karier yang sesungguhnya di atas 30-an dan terbukti berhasil.

  1. Menentukan Arah

Sebelum memutuskan untuk banting setir Anda harus yakin dulu dengan pilihan Anda tersebut, jangan menyesal kemudian. Pertimbangkan matang-matang dan Anda harus punya bayangan seperti apa kelak Anda sepuluh tahun yang akan datang dengan profesi tersebut. Pertama yang harus Anda tanamkan dalam benak Anda adalah jangan memilih pilihan tersebut didasarkan karena emosi ataupun karena sedang trend bila itu Anda lakukan Anda sedang tidak menjadi diri sendiri.

  1. Percaya Insting

Sesekali janganlah terlalu berpikir secara logika. Tidak ada salahnya menuruti hati Anda karena apa yang ada di dalam hati tidak pernah bohong. Percayalah pada apa yang ditunjukkan insting Anda. Bertindaklah spontan, biasanya ketika Anda lebih spontan Anda akan menemukan sesuatu yang tak terduga-duga.

  1. Ada Perasaan Suka

Anda harus menyukai profesi tersebut, setidaknya ada ketertarikanlah. Jangan sampai Anda ingin “pindah” hanya karena rasa bosan yang sementara ataupun Anda sedang bermasalah dengan pekerjaan yang sekarang. Jika ini menjadi alasan Anda untuk pindah Anda hanya akan menemukan jalan buntu karena profesi tersebut hanya Anda jadikan pelarian saja.

  1. Tabungan yang Cukup

Sejatinya ketika memulai sesuatu yang baru Anda tidak bisa hanya bermodalkan nekat saja. Tentunya persiapan Anda tidak hanya tekad saja tetapi juga tabungan yang cukup jika suatu hal terjadi—walaupun semua orang berharap yang terbaik tapi tidak ada orang yang mampu dengan tepat menebak jalan di depan bagaimana bukan?

  1. Keluar dari Zona Nyaman

Keberanian untuk keluar dari zona nyaman adalah sesutu yang patut diacungi jempol. Artinya Anda tidak mau bertahan di satu sisi dan berani mengeksplor sisi-sisi lain Anda. Sebenarnya semua manusia memiliki potensi besar hanya saja keterbatasan kemauan untuk mengeksplornyalah yang menjadi penghambat manusia selalu jalan di ruas yang itu-itu saja.