Wawancara Kerja

5 Tips Menghadapi Wawancara Panel

Wawancara panel atau group interview adalah wawancara kerja di mana Anda akan berhadapan dengan beberapa pewawancara. Wawancara panel biasanya dilakukan untuk menghemat waktu, di mana Anda sebagai kandidat bisa langsung ketemu dengan HRD, supervisor, manajer, atau pemilik perusahaan.

Bagaimana cara menghadapi wawancara panel? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Mengingat Biodata Pewawancara

Saat perkenalan diri, para pewawancara, bisa tiga atau empat orang akan memperkenalkan diri. Disitu Anda harus memberikan perhatian dan mengingat nama, dan posisinya di perusahaan. Kalau sebelum wawancara berlangsung Anda sudah mendapatkan informasi siapa saja yang akan mewawancarai Anda, ada baiknya Anda lebih dahulu mencari tahu informasi mengenai mereka, sebagai persiapan saat wawancara tiba. Dengan mengetahui latar belakang pewawancara, Anda tidak akan gugup lagi dan sudah mempersiapkan diri, kira-kira apa yang akan ditanya pewawancara sesuai dengan posisi yang diembannya.

2. Sapa Pewawancara Secara Individual

Tibalah di lokasi lebih awal lalu perkenalkan diri Anda dan sapa pewawancara secara individual dengan menyebutkan nama mereka masing-masing.

3. Bersikaplah Ramah, Tapi Jujurlah pada Keyakinan Anda

Kecenderungan untuk mengikuti apa yang dimau pewawancara memang sering terjadi tapi Anda harus punya keyakinan. Jangan ragu untuk memberikan argumen yang kuat dan memberikan jawaban out of the box.

 4. Dengarkan Lebih Banyak Daripada Terus Berbicara

Dalam wawancara biasa, biasanya hanya ada Anda dan satu pewawancara, dalam wawancara panel biasanya ada keterlibatan antara pewawancara yang berdiskusi dan menimpali. Tugas Anda adalah mendengarkan dan menyimak. Jangan terus berbicara, ketika Anda diminati tanggapan baru timpali secukupnya. Jangan pernah menyela pewawancara karena itu hanya akan memberi Anda kesan terlalu agresif.

5. Percaya Diri dengan Bahasa Tubuh dan Suara Anda

Pada wawancara panel Anda harus menampilkan sikap tubuh karismatik dan percaya diri. Jadi pertahankan dagu Anda tegak, punggung rileks, dan tersenyumlah ketika memberikan jawaban. Jaga agar suara tetap jelas dan datar, jangan biarkan suara itu menghilang. Ini termasuk berikan senyuman dan anggukan. Mengangguk adalah tanda hormat dan bahwa Anda mendengarkan mereka dengan baik. Selalu tunjukkan atensi ketimbang wajah kaku dan gugup.