Wawancara Kerja

5 Jenis Wawancara yang Perlu Diketahui

Sadarkan Anda kalau wawancara kerja kerap memiliki beberapa format? Coba ingat-ingat, terkadang Anda melakukan wawancara dengan satu pewawancara, sedangkan di momen yang berbeda dengan tiga pewawancara.

Namun apa pun formatnya, Anda diminta memiliki kesiapan dan bisa menjawab pertanyaan sebaik mungkin. Berikut ini adalah jenis-jenis wawancara kerja yang perlu diketahui serta persiapan yang semestinya Anda lakukan supaya wawancara bisa berjalan sukses. Selengkapnya simak di sini!

1. Wawancara Konvensional

Ini adalah metode wawancara yang paling sering Anda temui. Anda duduk dengan pewawancara tunggal dan menjawab serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk membantunya mengetahui apakah Anda kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

2. Wawancara Telepon

Diminta untuk wawancara telepon? Panggilan ini biasanya dilakukan sebagai bentuk screening pertama untuk melihat apakah Anda cocok atau tidak untuk datang ke wawancara yang sebenarnya. Walaupun terkesan simpel, tapi ini termasuk wawancara penting dan Anda direkomendasikan untuk mempersiapkan diri dan melakukan penyesuaian untuk format telepon.

3. Wawancara Makan Siang

Apakah calon atasan merekomendasikan untuk melakukan wawancara sambil makan siang? Bisa jadi ini adalah pertanda baik. Besar kemungkinan calon atasan menaruh atensi lebih ke Anda sehingga mengajak Anda makan siang sembari mengobrolkan peluang. Tapi jangan keburu senang dulu, walaupun kasual, Anda tetap harus profesional. Jangan sampai konsentrasi Anda menjawab pertanyaan terganggu karena terlalu menikmati makan siang.

4. Wawancara Group

Wawancara group jarang terjadi dan biasanya ditemukan untuk posisi sales ataupun marketing. Poinnya adalah bagaimana Anda menarik perhatian manajer perekrutan saat Anda menjadi bagian dari grup? Pastikan Anda cukup speak up dan dapat memberikan solusi untuk setiap peran yang Anda mainkan dalam kelompok.

5. Wawancara Panel

Ini biasanya terjadi ketika Anda bertemu dengan beberapa pewawancara sekaligus. Terkadang posisi seperti ini membuat Anda gugup karena seolah semua mata memandang ke Anda. Jika Anda berada di posisi yang demikian, pastikan Anda bisa menguasai lapangan dan mengingat profil masing-masing pewawancara dengan baik.

Selamat melakukan wawancara!