Perencanaan Karir

4 Alasan Tidak Pernah Dapat Promosi

job-promotionKesal dan marah karena belum kunjung dapat promosi tentunya hampir semua karyawan mengalaminya—termasuk Anda. Pastinya ada sejuta pertanyaan di kepala Anda kenapa Anda belum juga mendapat kenaikan jabatan.

Padahal masa kerja Anda sudah mencukupi untuk mendapatkan jenjang karier yang lebih baik. Tetapi yang dinantikan tak kunjung didapatkan. Malah orang-orang yang tidak Anda sangka-sangka mendapatkan posisi yang lama Anda nanti. Apa penyebabnya?

  1. Intropeksi

Mungkin kesalahan terletak pada Anda. Coba Anda intropkesi diri, jangan-jangan selama ini Anda minim prestasi. Jarang melakukan sesuatu hebat yang dapat memajukan perusahaan secara signifikan.

Jangan cepat berpuas diri dan menganggap apa yang sudah Anda lakukan adalah maksimal. Lakukan perombakan pada gaya Anda dalam bekerja, tetapkan target dan selalulah mau dan bersedia menjadi pribadi yang terus mau belajar.

  1. Belum Waktunya

Mungkin Anda mengira masa kerja Anda sudah mencukupi untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang. Padahal bisa saja, perusahaan punya masanya sendiri dan atasan menganggap tahun-tahun yang Anda lalui belum mencukupi untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi.

Anda masih perlu belajar. Tidak perlu berkecil hati, yang seharusnya Anda lakukan adalah tetap belajar dan lakukan yang terbaik. Apalagi jika bidang kerja Anda ini adalah sesuatu yang Anda dambakan sejak lama. Tentunya menyenangkan bekerja di bidang yang Anda sukai.

  1. Banyak Saingan

Persaingan di lingkungan kerja sah saha terjadi. Karyawan-karyawan yang menginginkan kehidupan yang lebih baik bukan Anda saja. Jadi jangan heran kalau Anda memiliki banyak saingan yang bukan tak mungkin memiliki kualitas lebih baik ketimbang Anda.

Jika Anda sudah mengetahui kebenarannya, yang Anda lakukan adalah bekerja lebih keras dan jangan terlalu terpaku untuk mengejar jabatan. Kalau Anda memang kualitas pilihan tentunya Anda akan dipilih juga.

  1. Mandek

Bisa jadi posisi Anda sudah stuck. Anda tidak bisa naik lagi karena memang jabatan di atas Anda sudah tidak ada. Kalaupun Anda berarti Anda harus menggantikan atasan Anda dan itu sepertinya belum bisa terjadi dalam waktu cepat. Kecuali atasan Anda resign ataupun pindah ke divisi lain.