Dunia Kerja

Yang Harus Dilakukan Ketika Berbeda Pendapat

Tips Melamar Pekerjaan

Setiap manusia memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam menghadapi sebuah masalah. Apalagi di lingkungan kerja yang sarat dengan intrik-intrik kepentingan. Tidak jarang pendapat dipertahankan bukan untuk kepentingan perusahaan tetapi lebih kepada mengatasnamakan diri sendiri ataupun golongan.

Susah buat Anda untuk lepas dari hal-hal demikian di lingkungan kerja. Anda pasti selalu dan akan bersinggungan dengan hal-hal yang demikian. Berikut tip yang bisa dilakukan dan cermati bila berada pada posisi silang pendapat.

  1. Amati

Coba Anda amati dan cermati apa yang menyebabkan perbedaan pendapat tersebut. Apakah hanya Anda saja yang setuju dengan rencana A atau ada beberapa rekan juga yang menyetujui pendapat Anda atau malah hanya Anda sendiri yang berpegang pada pendapat A tersebut.

  1. Tahu Posisi

Kemudian yang harus dilakukan lagi adalah mengetahui posisi Anda. Apakah Anda memertahankan pendapat tersebut hanya untuk kepentingan sendiri atau memang sudah dengan pertimbangan yang matang dan memang untuk kebaikan bagi semua orang.

  1. Pertimbangkan Pendapat Berbeda

Jika demikian coba ditimbang ulang, apakah pendapat-pendapat yang berbeda dengan Anda tersebut tidak bisa membawa kebaikan bagi bersama. Adakah jalan untuk menyatukan pendapat Anda dan pendapat yang berbeda tersebut. Bisa jadi pendapat Anda dan rekan tersebut sebenarnya memiliki tujuan yang sama hanya saja disampaikan dengan cara berbeda.

  1. Bukan Pribadi

Tidak baik seandainya Anda memilih memertahankan pendapat Anda jika hanya tidak mau sama dengan rekan tersebut. Jangan membawa sentimen pribadi ke urusan pekerjaan. Ini hanya akan memperburuk keadaan dan kondisi silang pendapat.

  1. Pertahankan

Jika memang sangat berbeda dan Anda merasa pendapat Anda tersebut adalah jalan yang terbaik, cobalah menjelaskannya ke rekan-rekan lain dengan cara sistematis tanpa terbawa emosi. Deskripsikan dengan jelas keunggulan-keunggulan yang ada dan tanyakan kenapa mereka tidak setuju kemudian jelaskan kembali solusinya.

  1. Suara Terbanyak

Jika memang tidak ada lagi jalan keluar. Satu-satunya solusi sebagai penengah adalah mengambil suara terbanyak. Bagaimanapun keputusan bukanlah Anda yang memegang—sebaik apapun apa yang menjadi pendapat Anda tersebut.