Perencanaan Karir

Tips Memilih Jalur Karir

jalur-karirMemilih jalur karir hampir sama dengan memilih jodoh. Kalau salah melangkah bisa-bisa ini menjadi penyesalan Anda seumur hidup. Tentunya Anda tidak mau ‘kan terjebak dalam pekerjaan ataupun karier yang tidak Anda senangi?

  1. Kuliah di Jurusan yang Disukai atau Tidak

Pertanyaan ini terlebih harus Anda jawab dahulu untuk menentukan bidang pekerjaan yang akan Anda tekuni. Kalau Anda memang dulunya kuliah di bidang yang Anda sukai, Anda tinggal mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan bidang yang dulu Anda tekuni saat di kampus dulu. Nah, bila ternyata tidak, Anda harus mencermati dulu, apakah pada akhirnya Anda menyukai bidang tersebut dan bisa berdamai serta melakoninya atau tidak.

  1. Memang Harus Suka

Tidak ada pilihan lain, untuk menjalani sesuatu yang pada akhirnya menjadi jalan hidup Anda, hal yang paling utama untuk Anda ketahui adalah apakah Anda memang menyukainya atau tidak. Anda tidak bisa menjalani sesuatu yang tidak Anda sukai. Hasilnya tidak akan pernah menjadi maksimal. Sebenarnya tidak masalah kalau bidang tersebut bukan jurusan Anda pada akhirnya rasa suka akan mengalahkan semua ketidaktahuan.

  1. Jangan Karena Uang

Jangan cepat menerima pekerjaan karena tergiur uangnya. Jika Anda hanya berpatokan pada materi saja, susah buat Anda untuk menjalani pekerjaan tersebut dengan ikhlas. Apalagi kalau mau maju, langkah Anda akan terhambat pun tersendat jika hanya berpatok pada gaji saja. Menjalani pekerjaan harus dari hati bukan materi semata.

  1. Mau Belajar

Anda harus siap menjadi pribadi yang mau belajar dan menerima kritikan. Yang namanya pekerjaan pasti ada masa-masa jatuh bangunnya. Masalahnya adalah apakah mental Anda sudah siap untuk menjadi pribadi yang dikritik, menghadapi kegagalan, perasaan tertekan, tetap maju saat stuck melanda. Ini adalah pertimbangan yang tak kalah pentingnya.

  1. Plan B

Jangan memaksakan diri bertahan di satu keadaan. Dunia pekerjaan adalah medium yang dinamis. Anda tidak bisa menjadi setia di satu sisi saja. Anda harus siap mengalami perubahan serta kemungkinan-kemungkinan yang mengikutinya.