Dunia Kerja

Tipe-tipe Bos dan Cara Pendekatannya

tipe-bossBeda karakter beda juga pendekatannya, demikian juga dengan atasan. Makanya, sebagai bawahan Anda harus pintar-pintar membaca karakter atasan seperti apa. Bukannya apa-apa, atau jangan mengira ini jurus menjilat.

Bagaimanapun ini untuk kenyamanan dan efisiensi bekerja. Kalau Anda bisa menyesuaikan diri dengan atasan toh ini akan meminimalisir kemungkinan terjadi bentrokan saat bekerja.

  1. Tipe Perfeksionis

Bila atasan Anda tipe perfeksionis mau tak mau Anda jangan sampai melakukan kesalahan sama sekali. Ya, setidaknya berusahalah beberapa kali lebih keras agar terhindar dari omelan. Pelajari bagaimana kebiasaan dan hal yang diinginkan atasan walaupun awalnya Anda merasa aneh dengan keinginan atasan yang ajaib lama-lama Anda akan terbiasa kok.

  1. Lambat Nangkap

Jangan Anda sangka semua atasan itu sempurna, ada juga atasan yang punya kekurangan—namanya juga manusia biasa. Bila kebetulan atasan Anda ini tipe yang lambat nangkap, Anda harus jadi mata ketiga atasan agar pekerjaannya tidak timpang. Ini demi kebaikan Anda juga kok, jangan langsung merasa diberatkan, kalau tugas atasan lancar akan berimbas kepada Anda juga. Plus, atasan akan semakin percaya kepada Anda.

  1. Penggosip

Nah, kalau atasan tipe yang senang bergosip, Anda sudah punya kelemahan atasan. Untuk melunakkan atasan Anda bisa memberikan kabar-kabar terbaru seputar sesuatu yang diminati atasan. Ini juga bisa jadi cara yang tepat untuk mengakrabkan Anda dan atasan. Asal bukan fitnah ya…dan satu hal lagi yang perlu Anda catat, jangan sampai informasi yang disampaikan atasan Anda sebarkan kepada yang lain.

  1. Hobi Makan

Akan lebih afdol kalau Anda juga senang icap-icip makanan. Sediakan saja camilan favoritnya, maka atasan akan memberi atensi lebih kepada Anda. Ini bukan termasuk menjilat kok. Ini hanya cara cerdas bagaimana mendekatkan diri kepada atasan. Kalau Anda dekat dengan atasan dan suasana yang dibangun cair, bekerja ‘kan jadi lebih mudah juga.

  1. Suka Menyalahkan

Sepertinya di antara semua tipe, tipe inilah yang paling menyebalkan. Sesekali Anda harus mau jadi ban serepnya tapi jangan terlalu sering Anda bisa makan hati dan bisa merusak rekam jejak karier Anda kalau ternyata kesalahan yang ditimpakan kepada Anda termasuk kategori serius. Makanya, Anda harus senantiasa menyiapkan bukti untuk setiap apa yang dimintanya kepada Anda untuk dikerjakan. Sehingga Anda punya pembelaan jika suatu saat terjadi masalah.