Wawancara Kerja

4 Jawaban untuk Pertanyaan Apa yang Dicari pada Posisi Baru

Salah satu pertanyaan pertama yang akan ditanyakan pada Anda dalam wawancara adalah mengapa Anda mencari pekerjaan baru? Untuk memberikan jawaban terbaik, Anda harus tahu dulu mengapa Anda mencari posisi baru. Apakah hanya kebutuhan akan gaji yang lebih baik? Meninggalkan lingkungan kerja yang toxi? Melarikan diri dari bos yang sulit, atau untuk naik dalam karir Anda?

Sebenarnya alasannya tidak terlalu penting yang paling penting adalah menggunakan kata-kata secara cermat sehingga Anda bisa menyusun jawaban menggunakan kalimat yang positif untuk mengungkapkan situasi tersebut.

Bersikap terlalu jujur dapat merusak peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, sama halnya dengan memberikan jawaban yang mengawang—tidak akan membantu sama sekali. Jangan panik dulu, simak di sini cara menjawab pertanyaan apa yang dicari di posisi baru atau tempat baru berikut ini!

1. Saya membutuhkan jalur karier yang lebih memuaskan secara emosional

Apa yang tidak boleh dikatakan adalah pekerjaan saya saat ini adalah menghancurkan kesehatan mental saya sehingga saya harus keluar secepat mungkin. Dengan mengatakan perusahaan Anda memiliki dampak positif pada kehidupan orang-orang dan saya ingin menjadi bagian di dalamnya dan saya ingin membuat perbedaan, ini pernyataan yang jauh lebih positif.

2. Saya ingin maju dalam karier saya

Anda perlu memberi penekanan kalau Anda ingin maju dalam karier dengan mendapatkan kesempatan bergabung di perusahaan yang dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman untuk melampaui tugas dari peran yang Anda lakukan saat ini. Tekankan kalau Anda siap untuk mempelajari hal-hal baru dan mengambil lebih banyak tanggung jawab.

3. Saya ingin berkembang secara finansila

Serahkan percakapan mengenai uang pada negosiasi gaji. Jika Anda khawatir perusahaan mungkin tidak dapat memenuhi persyaratan gaji Anda, Anda dapat menyampaikannya lebih awal dalam proses wawancara.

4. Mencari lingkungan kantor yang lebih baik

Anda bisa memberi penekanan pada keinginan untuk mencari pekerjaan dengan budaya tempat kerja yang sehat. Pekerjaan di mana Anda dapat memastikan kalau Anda merasa didukung dan mendapaykan dukungan dari rekan kerja sepenuhnya.

5. Pindah kota

Pindah kota bisa menjadi alasan kenapa Anda mau mencari posisi baru. Yang tidak boleh Anda katakan adalah kalau Anda harus pindah karena butuh pekerjaan. Bahasa profesionalnya bisa Anda sebutkan kalau kehidupan membawa Anda ke kota ini dan setelah melakukan pencarian Anda menemukan kalau perusahaan ini adalah yang terbaik di industrinya. Mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan ini akan membawa Anda pada peningkatan keterampilan pun Anda bisa mengaplikasikan keahlian Anda untuk pengembangan perusahaan.