Perencanaan Karir

Tips Cerdas Mengembangkan Karier

Kalau Anda hanya sekadarnya saja bekerja bisa-bisa karier Anda akan jalan di tempat. Bahkan bukan tak mungkin perusahaan menyerahkan posisi Anda kepada orang yang menurut perusahaan lebih baik.

Zaman sekarang ini, bila tidak pintar-pintar berbenah diri lama kelamaan akan tergilas dengan orang-orang yang selalu up date dengan ilmu baru. Tidak ingin tertinggal jauh? Anda harus punya rancangan untuk mengembangkan karier agar tidak monoton.

  1. Mempelajari Hal Baru

Jangan malas mempelajari hal-hal baru. Dengan Anda mempelajari hal baru Anda tidak akan terpaku pada satu cara saja dalam menyelesaikan tugas. Sehingga bila ini aktif dilakukan akan menyegarkan pikiran Anda serta menumbuhkan ide-ide segar.

  1. Berkenalan dengan Orang Baru

Jangan segan ataupun malas berkenalan dengan orang-orang baru. Orang-orang baru akan membawa Anda pada atmosfer baru pula. Pun dengan senantiasa bertemu dan bersosialisasi dengan orang-orang baru akan menambah lingkaran sosial Anda. Yang namanya kerja dibutuhkan jaringan yang luas untuk melancarkan pekerjaan.

  1. Up Date

Anda harus senantiasa up date dengan ilmu yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda tekuni. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi yang pada akhirnya hanya akan merugikan diri sendiri. Mulai sekarang jangan menjadikan gadget sebagai barang mainan saja melainkan sumber informasi dan inovasi buat Anda

  1. Pendekatan

Bukan menjilat—berbeda pendekatan yang dimaksud di sini dengan menjilat. Yang namanya bekerja, Anda perlu mengenal orang-orang yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Sangat perlu menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Tidak hanya saat bekerja saja tetapi juga hal-hal bersifat umum, misalnya keluarga, hobi, kegiatan yang dilakukan di waktu senggang dan lain sebagainya.

  1. Bersenang-senang

Jangan juga terlalu memusatkan diri pada pekerjaan yang hanya akan membuat Anda stres. Anda juga membutuhkan yang namanya relaksasi. Dan bukan tak mungkin saat Anda hangout Anda bertemu dengan orang-orang yang memiliki potensi untuk diajak bekerjasama.

  1. Pintar Melihat Peluang

Cermatlah melihat dan menangkap peluang karena peluang tidak datang setiap saat. Selagi Anda bekerja di perusahaan yang sekarang, Anda juga sejatinya tanggap dengan perkembangan dunia pekerjaan sekarang ini. Siapa tahu suatu saat datang peluang dan Anda harus pindah dari pekerjaan sekarang menuju tempat yang lebih baik lagi.