Kolom Pencari Kerja

Tips Berburu Pekerjaan di Job Fair

Job-Fair-color-peopleJob fair adalah salah satu tempat dimana Anda berpeluang besar mendapatkan pekerjaan di sana. Bayangkan saja ada ratusan perusahaan yang sedang mencari karyawan untuk bekerja di perusahaan mereka. Masakan dari sekian ratus tersebut tidak ada yang nyantol di Anda.

Supaya sukses mendapatkan pekerjaan impian di job fair, Anda perlu cerdas dan lihai membaca situasi. Jangan sampai Anda kehilangan moment yang pas hanya karena Anda luput pada beberapa hal yang penting.

  1. Cek Lokasi

Penting untuk Anda mengetahui lokasi dimana job fair diadakan. Soalnya setiap job fair sudah barang tentu dipadati oleh orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Sudah jelas kalau bukan Anda saja di dunia ini yang sedang mencari pekerjaan. Karenanya Anda harus mengatur waktu yang tepat untuk sampai di lokasi, jangan sampai Anda keduluan oleh orang lain.

  1. List Perusahaan yang Diincar

Jauh-jauh hari sebelumnya Anda harus sudah mempersiapkan perusahaan yang bakal Anda incar. Jangan sampai Anda kebingungan mau menjatuhkan lamaran kemana, saking banyaknya padat dan hectic-nya suasana di sana. Intinya Anda harus punya daftar perusahaan-perusahaan yang turut dalam job fair tersebut. Kemudian mengerucutkannya menjadi beberapa saja yang Anda niatkan untuk dilamar.

  1. Menyiapkan CV

Anda harus menyiapkan CV dalam bentuk soft copy dan hard copy. Anda bisa jadi belum tahu dalam bentuk seperti apa yang bakal diminta oleh perusahaan nantinya. Ada baiknya Anda menyiapkan diri dalam hal ini membawa CV sesuai kebutuhan yang tak terduga.

  1. Penampilan Rapi

Terkadang ada job fair yang langsung melakukan sesi wawancara di tempat. Lebih baik Anda menyiapkan diri dengan berpakaian rapi layaknya ingin melakukan wawancara. Mempersiapkan diri dengan pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan bakal diajukan oleh pewawancara.

  1. Persiapan Mental dan Fisik

Jangan anggap remeh soal persiapan fisik. Bukan tak mungkin Anda harus menghabiskan waktu dari pagi ke sore, jadi Anda harus mempersiapkan fisik Anda untuk menghadapi hari yang panjang. Ada baiknya Anda membawa bekal siapa tahu di dekat-dekat lokasi tidak menjual makanan dan minuman.