Kolom Pencari Kerja

Tingkatkan Brand Personal Anda di Sosial Media dengan Cara Ini

Percaya atau tidak, perusahaan kerap memeriksa sosial media Anda untuk melihat kuliafikasi Anda. Dan bila mereka menemukan sesuatu yang tidak sejalan dengan misi perusahaan ini bisa jadi alasan mereka untuk tidak merekrut Anda. Lantas, apa yang mesti dilakukan? Bangun brand personal yang positif di sosial media. Caranya?

1. Personality Seperti Apa yang Ingin Anda Tunjukkan?

Tentunya yang positif sehingga orang-orang (dalam hal ini perusahaan) memandang Anda sebagai calon karyawan dengan kepribadian yang menarik dan atraktif. Tidak hanya dalam keahlian profesional namun menyangkut hobi dan kesenangan saja. Keberagaman aktivitas namun tetap setia di passion adalah line yang tepat untuk menarik perhatian perusahaan.

2. Menjadi Diri Sendiri yang Nyata

Karena banyak orang menjadikan sosial media sebagai ajang pelampiasan karena tidak bisa menjadi sosok yang diinginkan. Makanya, tidak perlulah berpura-pura dengan menjadi orang lain. Anda juga harus konsisten baik di Twitter, Facebook, LinkedIn dan platform media sosial yang lain. Jangan di Twitter brand persona Anda seperti X di Facebook seperti Y, perekrut pun bertanya-tanya sebenarnya Anda yang mana?

3. Boleh Santai Tapi Harus Tetap Profesional

Anda boleh mempersonakan diri Anda sebagai sosok yang santai dan menyenangkan tetapi kalau sudah berkaitan dengan pekerjaan Anda mesti merefleksikan diri sebagai sosok yang profesional. Jadi Anda harus bisa seharusnya memisahkan ruang-ruang di media sosial dimana waktunya bercanda dimana waktunya serius.

4. Memiliki Ketertarikan yang Luas

Perusahaan senang kalau karyawannya memiliki rasa ketertarikan yang tinggi pada segala hal dan update pada aneka informasi. Makanya, Anda wajib memperluas kemampuan informasi Anda supaya tidak ketinggalan dan “tangkap” dengan isu-isu yang ada.

5. Tunjukkan Kreatifitasmu

Penting untuk menunjukkan kreatifitas Anda. Di zaman yang serba cepat ini hanya orang-orang kreatif saja yang dicari. Orang-orang dengan pemikiran cepat dan berbeda dari yang lainnya. Utarakan ide-ide Anda, dan tampilkan itu melalui sosial media yang Anda miliki. Akhir-akhir ini memang sosial media adalah alat yang canggih untuk mempromosikan diri.