Kolom Pencari Kerja

Tanda-tanda Perusahaan Jual Mahal

keterima kerjaSuatu perusahaan kadang sudah merasa cocok dengan si calon karyawan namun seringnya sengaja berakting seolah performa Anda biasa saja. Tidak cukup hebat untuk membuatnya berkata “iya”.

Terkadang perusahaan perlu seolah jual mahal untuk menjaga gengsi dan juga wibawanya. Padahal sebenarnya perusahaan tersebut sudah tidak sabar untuk merekrut Anda. Bagaimana cara Anda membaca tanda-tandanya?

  1. Tidak Ada Kandidat Lain

Ketika Anda sudah tahu bahwasanya tinggal Andalah kandidat yang tersisa—tidak ada lagi yang lain. Namun perusahaan masih meminta Anda untuk menunggu lebih kurang satu minggu untuk kepastian akhir dari hasil tes tersebut. Bisa jadi “menunggu seminggu” hanyalah sekadar formalitas saja. Seperti yang Anda ketahui bahwa hidup ini penuh dengan birokrasi—apalagi kalau yang berurusan dengan pekerjaan.

  1. Setuju dengan Tawaran Gaji

Jika perusahaan sudah setuju dengan tawaran gaji yang Anda tawarkan—ataupun kalian sudah mencapai kesepakatan gaji. Tinggal harus menjalani tes kesehatan serta hal-hal kecil lainnya. 99% posisi tersebut sudah di tangan Anda. Biasanya gaji termasuk hal yang paling terakhir dibahas. Perusahaan tidak akan mau bersitegang soal gaji kalau dia belum yakin akan menerima orang tersebut menjadi karyawannya.

  1. Kebutuhan Mendesak

Posisi di perusahaan tersebut sudah saat mendesak. Sejauh pengamatan Anda hanya Andalah kandidat yang sesuai dengan job desk di perusahaan tersebut. Apalagi sepertinya perusahaan tidak bisa menunda-nunda waktu lagi untuk menunggu orang yang lebih tepat. Meski dalam situasi demikian tetap saja perusahaan meminta Anda menunggu. Percayalah menunggu adalah kata lain dari “saya terima Anda”.

  1. Berulangkali Menegaskan Suatu Hal

Ada saja perusahaan yang setelah menerima calon karyawan menjadi karyawan, dia berulangkali memberi penegasan kalau perusahaannya sangat tegas dan Anda mesti mematuhi semua peraturan dengan baik dan benar. Beban pekerjaan di perusahaan lama tidak bisa dibandingkan dengan perusahaan yang sekarang ini. Dia berulangkali mengatakannya namun toh tetap menerima Anda juga. Itu artinya dia sadar kalau Anda memiliki kemampuan untuk itu.