Perencanaan Karir

Tahun Baru Waktu yang Tepat untuk Mencari Peluang Baru?

Ada banyak harapan di momen tahun baru yang membuat orang-orang bersemangat menetapkan resolusi salah satunya dalam hal karier. Namun, apakah tahun baru memang waktu yang tepat untuk mencari peluang baru?

Mengingat di tahun baru kebanyakan orang disibukkan dengan libur ataupun momen bersama keluarga, besar kemungkinan kalau Anda mengirimkan CV di masa-masa ini akan mencolok dibandingkan yang lain.

Sebenarnya tidak hanya Anda saja, perusahaan juga mencari “tampilan” yang baru dari timnya. Kebanyakan orang biasanya juga memutuskan untuk resign menunggu tahun baru yang biasanya adalah pencairan bonus.

Ketika ada karyawan yang resign itu menandakan terbukanya kesempatan baru. Menjelang Natal menjadi waktu yang tidak tepat untuk memilah-milih resume. Jadi, ketika Januari tiba, sering kali ada banyak sekali posisi yang harus diisi. Dan ini bisa menjadi kesempatan buat Anda pada penetapan karier berikutnya.

Jika saat ini Anda berada dalam pertimbangan mencari peluang karier yang baru, langkah-langkah seperti apa yang perlu Anda persiapkan?

1. Analisis Karier Setahun Belakang

Jika Anda benar-benar ingin membuat tahun ini menjadi titik poin dalam tujuan karier, Anda perlu memikirkan dengan cermat apa yang Anda inginkan ke depan. Berikut adalah pertanyaan yang bisa Anda ajukan ke diri sendiri dalam mengevaluasi perencanaan karier:

  • Anda ingin menjadi apa?
  • Apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda?
  • Jenis pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan jika uang bukan masalah?

Mendedikasikan waktu untuk benar-benar memikirkan apa yang ingin Anda lakukan adalah langkah penting pertama untuk perubahan karier yang sukses.

2. Segmentasikan Harapan

Ketika Anda sudah mengetahui apa yang ingin Anda lakukan untuk karier ke depan, saatnya mulai meneliti bagaimana Anda akan menempatkan diri Anda pada posisi tersebut.  Lihat daftar pekerjaan yang terkait dengan industri pilihan Anda untuk melihat apa yang dicari oleh perusahaan.

Anda bisa menghubungi head hunter mendapatkan saran profesional. Dapatkan pemahaman tentang kualifikasi yang dibutuhkan atau diinginkan untuk karier baru Anda. Baca blog atau dapatkan informasi terkait wawasan tentang industri tersebut. Jangan lupa untuk melakukan peningkatan keterampilan. Bila perlu mendaftarlah dalam kursus online yang relevan, penuh waktu atau paruh waktu, yang akan mengajari Anda kompetensi terkait industri ataupun profesi yang akan Anda geluti ke depannya. Cari cara untuk mengembangkan keterampilan secara relevan.

3. Bangun Imej dan Jaringan

Meskipun Anda mungkin bersemangat dengan resolusi Anda untuk mengubah karier, Anda mungkin belum siap untuk menyatakannya secara frontal. Karena itu, adalah mungkin untuk membangun jaringan dan membuat kontak di industri baru untuk menjajaki rencana baru ini. Mulailah memperkenalkan nama Anda, bertemu dan terhubung dengan para pemain industri, dan beri tahu teman tepercaya bahwa Anda akan melakukan transisi ke karier impian di tahun baru.

Membangun jaringan bisa menjadi sesuatu yang tidak nyaman, apalagi kalau Anda bukan tipe ekstrover, tetapi itu juga bisa sangat berharga dalam menempatkan Anda pada radar orang yang tepat. Meskipun Anda pemalu, Anda dapat membangun jaringan dengan cara Anda sendiri, yang akan terlihat lebih tulus dan menarik.

Beberapa tips keren untuk berjejaring seperti seorang profesional:

  • Bergabunglah dengan grup dan klub Meetup terkait industri yang Anda senangi
  • Berlangganan berita industri terkait dan pantau terus acara jaringan, pameran, dan konferensi
  • Hubungi orang yang menggeluti industri tersebut dan ajukan satu atau dua pertanyaan kepada mereka.

4. Waktunya Melamar Pekerjaan

Setelah Anda melakukan tahapan-tahapan tadi, tetapkan keputusan dan lamarlah posisi yang Anda incar. Perbaiki CV Anda, buat surat lamaran yang sesuai dengan peran yang Anda incar, dan mulailah menempatkan diri Anda di luar sana dan bersiap untuk wawancara.