Kolom Pencari Kerja

Sukses Resolusi Job Seeker di Tahun Baru 2021

Tidur lebih nyenyak, memulai rutinitas olahraga, melatih kesadaran diri, biasanya adalah hal-hal yang menjadi resolusi di tahun 2021. Apakah karier menjadi salah satu resolusi Anda? Jika iya, Anda tidak bisa begitu saja berharap mendapatkan karier yang lebih memuaskan tanpa mengusahakannya.

Untuk membantu Anda menemukan posisi di tahun 2021 yang sesuai dengan keterampilan, pengalaman, dan minat Anda, mulailah bekerja menuju sasaran pencarian kerja tersebut, dimulai dari:

1. Perbarui Resume Anda

Satu kesalahan yang sering dilakukan orang adalah menunggu untuk merevisi resume mereka sampai menemukan peluang kerja yang menarik. Ini bisa mencegah mereka untuk segera melamar posisi tersebut. Dan pada saat mereka memiliki versi terbaru yang siap untuk dikirim, bisa jadi sudah terlambat. Jadi, jangan menunda untuk memperbarui resume.

2. Perkuat Keahlian Anda

Untuk mewujudkan tujuan pencarian kerja Anda, Anda harus siap bersaing untuk mendapatkan peran yang Anda inginkan. Mengembangkan keterampilan dapat membantu Anda untuk menonjol dibanding kandidat-kandidat lainnya. Memiliki kemampuan spesifik juga dapat membantu Anda menegosiasikan gaji yang lebih tinggi.

3. Prioritaskan Kepuasan Kerja

Ini saat yang tepat untuk menilai tujuan pencarian pekerjaan serta aspirasi pribadi Anda sembari menentukan jenis peluang kerja yang akan dicari. Mungkin Anda ingin bekerja di industri yang berbeda, misalnya? Atau mengambil peran yang lebih memuaskan dengan tanggung jawab yang lebih besar? Mungkin Anda sedang mencari peluang kerja jarak jauh yang menyediakan jadwal fleksibel? Merumuskan ide yang jelas tentang apa yang Anda tuju dapat lebih memfokuskan pencarian Anda untuk posisi baru.

4. Perluas Jaringan Profesional Anda

Jaringan profesional Anda dapat memainkan peran penting dalam kemampuan Anda untuk mencapai tujuan pencarian kerja. Sebagai pengganti jaringan langsung selama pandemi, carilah acara virtual yang diselenggarakan oleh organisasi profesional atau alumni, atau kelompok lain yang relevan dengan profesi atau industri Anda.

5. Bersikaplah Gigih

Sebagian besar pengusaha saat ini sangat berhati-hati dalam memilih kandidat pekerjaan yang cenderung berkembang dalam organisasi unik mereka. Jadi, meskipun Anda adalah kandidat teratas untuk suatu pekerjaan, mungkin diperlukan waktu berminggu-minggu dan beberapa putaran wawancara sebelum Anda mendengar kembali tentang keputusan akhir.

Jangan putus asa. Tetap melamar pekerjaan lain yang Anda minati. Dan pertimbangkan untuk membangun hubungan profesional perekrutan. Lagi pula, tidak ada yang pasti sampai Anda masuk di garis akhir kehidupan.

Semoga sukses dalam mewujudkan tujuan pencarian kerja Anda – dan mencapai semua tujuan 2021 Anda yang lain!