Wawancara Kerja

Sikap yang Membuat User Kesal Saat Wawancara

Ada beberapa sikap yang membuat user kesal kepada calon karyawan. Jangan sampai Anda melakukan hal-hal berikut yang hanya akan membuat kesempatan Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut melayang begitu saja.

1. Obrolan Tidak Nyambung

Anda tidak bisa menimpali setiap diskusi bersama sang user. Bahkan kerap Anda tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan mengenai deskripsi pekerjaan berkaitan dengan kemampuan yang Anda miliki.

2. Tidak Punya Wawasan

Bukan hanya berkaitan dengan lingkup pekerjaan yang Anda geluti melainkan isu-isu umum yang sedang in sekarang ini. Penting untuk Anda ketahui supaya obrolan tetap nyambung. Lagi pula kalau Anda sama sekali kosong tentang isu sosial bisa-bisa Anda dianggap sebagai orang yang menutup diri mengenai peristiwa penting sekarang ini.

3. Terlalu “Menjilat”

Berusaha menarik simpati user untuk memperpanjang proses perekrutan Anda sah saja. Semua calon karyawan pasti ingin melakukan hal yang sama. Tapi tentu saja perlu cara yang smart dan manis tidak dengan upaya menyenangkan user yang sedemikian rupa.

4. Tidak Respect

Tidak respect terhadap proses wawancara yang dilakukan akan membuat user membuat Anda tidak menganggap serius prosesi wawacara tersebut. Misalnya lewat menjawab pertanyaan yang kesannya tidak serius, tertawa terlalu besar, sendawa tanpa sengaja dan memanggil user dengan sebutan yang kurang sopan. Misalnya Mas atau Mbak, ada saja user yang ingin memberi kesan formal dengan sebutan ibu atau bapak makanya Anda harus bisa membaca situasi.

5. Bertahan Soal Gaji

Kalau memang Anda memiliki pengalaman yang worth it tidak masalah kalau Anda bertahan mengenai gaji tapi kalau ternyata Anda fresh graduate dan belum punya banyak pengalaman di posisi yang Anda lamar, jangan terlalu antusias dan bertahan soal gaji. Ini hanya akan membuat Anda terkesan mata duitan padahal pengalaman masih nol.