Kolom Pencari Kerja

Punya Pengalaman Dipecat Bisa Melamar Lagi?

Dalam sebuah perjalanan karier tidak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya terjadi benturan-benturan yang membuat Anda menghentikan langkah sejenak. Hal demikian wajar terjadi. Permasalahannya adalah apakah Anda berani melangkah ke depan, untuk maju dan bangkit kembali?

1. PHK

Dipecat tidak selamanya karena punya masalah dengan perusahaan lama tersebut. Bisa jadi karena perampingan karyawan. Hal inilah yang seharusnya Anda jelaskan kepada perusahaan baru tempat Anda melamar sekarang. Sebenarnya sudah sepantasnya perusahaan lama memberikan surat rekomendasi ketika memberikan PHK kepada Anda. Surat inilah yang menjelaskan status Anda kepada perusahaan-perusahaan baru yang Anda lamar.

2. Kesalahan Anda

Jika memang Anda dipecat dari perusahaan lama karena kesalahan yang memang Anda lakukan dan sadari sendiri sudah sepantasnya Anda menjelaskan kepada perusahaan baru tersebut apa yang menjadi permasalahan sampai-sampai Anda didepak dari perusahaan lama. Bersikaplah jujur dan apa adanya karena perusahaan akan lebih menghargai kalau Anda bersikap terbuka ketimbang berusaha membela diri. Katakan apa yang menjadi permasalahan di sana dan pastikan kalau Anda tidak akan mengulanginya lagi.

3. Bukan Kesalahan Anda

Banyak hal di dunia ini—termasuk di dunia pekerjaan yang terjadi di luar perhitungan kita. Jika memang di perusahaan lama Anda ternyata dijatuhkan—sengaja dilibatkan dalam sebuah permasalah pelik yang membuat perusahaan “memutuskan” hubungan dengan Anda, hal ini pun harus Anda jelaskan kepada perusahaan tempat Anda melamar ini. Jangan sampai perusahaan baru tersebut salah tanggap, mengira Anda didepak karena memang tidak pantas dipertahankan. Namun jangan juga berusaha membela diri dan menjelek-jelekkan perusahaan lama. Jelaskan saja apa adanya, karena pada akhirnya kebenaran akan terungkap juga.

4. Masih Ada Kesempatan

Percayalah, masih ada kesempatan. Satu pemecatan tidak lantas membuat karier Anda anjlok. Jika Anda tetap semangat, berdoa dan sungguh-sungguh akan ada kesempatan buat Anda di luar sana untuk menerima Anda menjadi karyawannya. Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan kedua. Apalagi kalau Anda memang memiliki kualitas dan etos kerja yang baik.