Kolom Pencari Kerja

Profesi Menjanjikan di 2021

Tidak dapat disangkal bahwa tahun 2020 telah menjadi tahun yang penuh tantangan, baik dari segi kesehatan maupun resesi ekonomi. Tapi 2021 sudah dekat, dan dengan tahun baru yang akan datang, diharapkan peluang baru pun akan muncul.

Jika Anda ingin menghidupkan kembali karier Anda di tahun 2021 ataupun saat ini Anda sedang melihat peluang karier, sebagai gambaran dan wawasan, inilah profesi yang dinilai cukup menjanjikan di tahun 2021!

1. Software Developers

Setiap posisi yang terkait dengan software developers akan memiliki permintaan tinggi di masa mendatang. Digital sudah menjadi perpanjangan tangan untuk segala aktivitas. Dunia saat ini tergantung pada pengembang software untuk menjalankan bisnsinnya. Siapapun saat ini menjalankan pekerjaannya dengan komputer ataupun laptop. Itulah mengapa software developers menjadi profesi semakin yang dibutuhkan ke depannya.

2. Terapi Bicara

Agak sedikit unik, tetapi perkembangan digital dan era modern saat ini ternyata membawa perubahan pada pertumbuhan anak di mana ada banyak anak yang mendapatkan gangguan bicara salah satunya delayed speech.

Diperkirakan akan semakin banyak anak membutuhkan profesional yang sangat terlatih dalam hal terapi bicara. Tidak hanya untuk anak-anak terapi bicara diperlukan untuk menangani orang dengan stroke ataupun demensia.

3. Manajer Konstruksi

Situasi pandemi tidak menjadi penghalang dilakukannya pembangunan. Untuk itulah profesi sebagai manajer konstruksi menjadi hal yang dicari di situasi pandemi saat ini. Seorang manajer konstruksi harus memastikan semuanya memenuhi spesifikasi desain sambil memastikan sebuah proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.

5. Manajer Keuangan

Tampaknya profesi manajer keuangan tetap menjadi sesuatu yang dibutuhkan di masa mendatang. Diperkirakan permintaan akan manajer keuangan akan meningkat. Manajer keuangan punya tugas dan tanggung jawab menjaga bisnis tetap berjalan dari hari ke hari sambil merencanakan masa depan yang lebih menguntungkan.

6. Digital Marketing Specialist

Saat ini banyak perusahaan beralih ke bidang digital, dan toko offline berkembang menjadi platform eCommerce. Itulah sebabnya banyak perusahaan membutuhkan profesi digital marketing specialist.

Sama seperti profesi pemasaran lainnya, hanya saja digital marketing specialist lebih spesifik pada platform online seperti media sosial. Orang yang bekerja di bidang ini akan membidangi SEO, sosial media, sampai Google ads.

7. Desainer Grafis / Kreatif

Desainer grafis akan menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2021. Perusahaan yang ingin menjalankan kampanye pemasaran membutuhkan seseorang yang dapat mengaktualisasikan konsep pemasaran.

Jika Anda mencari jalur karier yang memungkinkan Anda mengekspresikan kreativitas, inilah pekerjaan yang sesuai. Deskripsi pekerjaannya mencakup pengembangan tata letak untuk ilustrasi produk, membuat logo baru untuk perusahaan baru ataupun rebranding, dan merancang kampanye perusahaan.

Pekerjaan lain yang diminati di tahun 2021 lainnya adalah creative director, art production, art multimedia, dan animator. Profesi-profesi ini membutuhkan pengalaman dengan Adobe Photoshop dan Adobe InDesign.