Perencanaan Karir

Prediksi Tren Karier di 2021

Tidak ada yang mendapat prediksi karier yang tepat untuk tahun 2021. Karier semua orang telah terpengaruh dalam beberapa hal sejak COVID-19 melanda dunia. Ini memberikan dampak yang signifikan dalam pencapaian tren karier di tahun 2021. Berikut ini adalah prediksi tren karier di 2021. Seperti apa? Simak di bawah ini!

1. Kerja Remote

Pandemi telah membawa perubahan dalam sistem kerja, salah satunya adalah sistem kerja remote. Sistem kerja ini punya plus dan minusnya. Buat mereka yang introvert ini adalah sistem kerja yang solutif, karena mereka punya kecenderungan menikmati kerja di rumah tanpa harus berkomunikasi langsung dengan orang. Namun, buat mereka yang senang bersosialisasi, sistem remote ini bisa jadi membosankan.

2. Kebosan akan Zoom

Pada akhirnya orang-orang akan sampai pada titik jenuh dalam penggunaan aplikasi zoom. Aplikasi yang dulunya dianggap menjadi solusi untuk meeting online ini akan dianggap tidak mampu membantu orang untuk berinteraksi secara maksimal. Akan ada masa di mana zoom tidak bisa menggantikan pertemuan-pertemuan daring. Orang-orang akan kembali pada rutinitas awal dan menginginkan pertemuan tatap muka.

3. Keberlanjutan Layoff

Tampaknya diprediksi sejumlah besar PHK akan terus berlanjut sepanjang tahun. Perusahaan akan mengencangkan ikat pinggang karena mereka perlu mengontrol biaya, dan harus bertahan. Kemungkinan banyak sektor akan terkena dampak paling parah hingga beberapa tahun kedepan, khususnya seni, hiburan, rekreasi, hotel, restoran, jasa pendidikan, transportasi, manufaktur, dan minyak dan gas.

4. Mengubah Karier

Kehilangan pekerjaan akan memaksa banyak pekerja yang menganggur untuk berganti karier karena industri mereka sedang bermasalah dan mereka tidak dapat menemukan pekerjaan di bidang lama.

Menambahkan keterampilan baru, mendapatkan sertifikat keterampilan yang lebih banyak melanjutkan sekolah pascasarjana, atau menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi, semuanya akan dibutuhkan bagi orang-orang untuk beralih ke karier demi menjalani pekerjaan baru yang berbeda.

5. Loyalitas akan Perusahaan Menurun

Orang-orang mengeluh bahwa mereka bekerja dalam ruang hampa dan membenci isolasi. Yang lain merasa kehilangan koneksi dengan kantor, rekan kerja, ataupun atasan karena mereka bekerja dari rumah. Loyalitas pada perusahaan akan terus menurun karena orang lebih mengkhawatirkan masa depan mereka sendiri. Hasil adalah karyawan akan sibuk merapikan resume mereka untuk mendapatkan pekerjaan baru di tempat yang lebih baik.