Kolom Pencari Kerja

Plus Minus Kirim Lamaran Via Pos atau Email

Melamar Kerja Via Mail PosMemang sih sekarang sudah zamannya digital dan sudah hampir tidak ada yang mengirimkan lamaran via pos lagi. Namun bila menyoal mengenai proses pengiriman lamaran via pos ataupun email, ternyata ada plus minusnya tersendiri. Anda bisa melihat dan membandingkannya di sini!

Via Pos

  • Pribadi

Selalu ada kesan “pribadi” jika lamaran yang Anda buat dikirimkan via pos. Apalagi kalau Anda menuliskannya sendiri dengan tangan—terkesan jadul memang. Namun sejatinya, bila kita melihat di masa dulu, saat tahun 1990-an, memang beginilah cara pengiriman surat lamaran dilakoni.

Pengiriman surat lamaran via pos juga menunjukkan niat yang jelas. Apalagi prosesnya yang lebih susah dibanding era digital membuat orang lebih menghargai pengiriman via pos. Karena usahanya yang keras untuk melakukannya.

  • Tidak Ada yang Meniru

Tidak akan ada yang meniru, sudah jelas. Apalagi memang Anda yang membuatnya dan hanya Anda saja yang memilikinya. Makanya kalau zaman dulu sangat minim plagiat. Dan Ketidakmudahan yang dibuatnya membuat orang-orang bersuaha lebih keras dan sangat serius saat mengirim lamaran ke sebuah perusahaan.

  • Lambat dan Tidak Begitu Rapi

Sayang karena manual sampainya surat lamaran tersebut juga membutuhkan waktu yang lama. Pun eksekusinya tidak begitu rapi, sehingga kesalahannya yang ditemukan melalui proses ini lebih banyak ketimbang digital.

  • Kurang Menarik

Teknologi yang standard membuatnya minim kreasi dan kurang menarik dari segi desain dan penyesuaian ini-itu. Sehingga kalau dibandingkan dengan zaman sekarang, pengiriman via pos maupun pengerjaan surat lamaran secara manual ini kurang dihargai.

 

Via Email

  • Massal

Jelas, teknologi membuat proses lamaran di era digital bisa diakses semua orang. Makanya seakan tidak ada lagi yang khas di sini. Untuk itu perlu lebih kreasi dan membuatnya benar-benar seakan hanya kita sendiri yang memiliki format demikian.

  • Cepat

Durasi yang dibutuhkan tidak perlu berlama-lama. Sampainya juga hanya dalam hitungan detik saja. Sehingga perusahaan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan CV Anda.

  • Persaingan Tinggi

Seiring dengan kemudahannya penyampaian surat lamaran tingkat persaingan juga semakin tinggi. Makanya dibutuhkan orang-orang dengan tingkat kreativitas yang tinggi untuk menghadapi persaingan yang kian dahsyat tersebut.