Dunia Kerja

Perbedaan Profesi Content Writer dan Copywriter

Walaupun serupa, tapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Buat Anda yang ingin menekuni dunia kepenulisan, harus paham mengenai perbedaan keduanya. Baik Conten Writer maupun Copywriter masing-masing memiliki serangkaian tantangan dan keterampilan unik.

Tujuan

Perbedaan terbesar antara copywriting dan content writing terletak pada tujuannya. Copywriting menjual persona dan brand sedangkan content writing menginformasikan kepada khalayak mengenai hal tersebut melalui konten.

Copywriting adalah seni menjual ide, merek, atau ideologi kepada orang lain. Copywriting terbaik menggabungkan produk dan ideologi merek untuk menciptakan merek. Copywriting bersifat advertorial karena tujuannya adalah untuk mengajak pelanggan menggunakan produk atau layanannya.

Sedangkan content writing adalah seni membuat konten yang tugasnya menginformasikan, mendidik atau menghibur dan harus memiliki tujuan jelas di balik karya tersebut. Penulisan konten terbaik difokuskan pada kualitas editorial, tidak peduli apakah itu mewakili brand tertentu atau tidak. Tapi, penulisan konten haruslah sejalan dengan bisnis strategis dan tujuan pemasaran untuk menarik audiens dan calon pelanggan.

Tujuan akhir dari copywriting adalah untuk menjual ide sedangkan penulisan konten bertujuan untuk membuat konten yang berharga untuk membantu audiens memahami merek Anda dan menghasilkan minat.

Pekerjaan

Copywriter menulis salinan dan penulis konten menulis konten. Jika Anda bingung apa artinya ini, maka Anda harus tahu semua harus dijelaskan. Perbedaan lain antara copywriting dan penulisan konten terletak pada deskripsi pekerjaan.

Seorang copywriter adalah seorang profesional yang tugasnya didedikasikan untuk menghasilkan salinan. Ini bisa datang dalam berbagai bentuk, tetapi gagasan umumnya adalah copywriter menulis materi pemasaran.

Sedangkan seorang content writer belum tentu seorang penulis profesional, tetapi seseorang yang menghasilkan konten. Sekarang ini siapa pun dapat menulis termasuk profesional, eksekutif, penulis, blogger, insinyur perangkat lunak, CEO, dan profesi lainnya. Walaupun semua orang bisa menjadi seorang content writer, tetap saja dibutuhkan seni memahami konten untuk menjadi seorang content writer.  Sederhananya adalah copywriter seorang profesional yang menulis naskah pemasaran sedangkan content writer bisa jadi siapa saja yang memproduksi konten.