Kolom Pencari Kerja

Pekerjaan yang Cocok Untuk Fresh Graduate

fresh-graduate

Tidak semua pekerjaan bisa dilamar oleh seorang fresh graduate. Apalagi kalau jelas-jelas si fresh graduate tersebut belum memiliki pengalaman apapun. Miskin aktivitas, tidak pernah berorganisasi dan lain sebagainya. Lantas, kira-kira pekerjaan seperti apa yang cocok dengan seorang fresh graduate?

  1. Sesuai Jurusan

Tip pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari pekerjaan sesuai dengan jurusan Anda saat kuliah. Ketika Anda mencari pekerjaan yang sesuai jurusan setidaknya Anda sudah punya modal teori yang Anda dapatkan saat kuliah dulu. Dan dengan bekerja sesuai jurusan tentunya tidak begitu susah buat Anda untuk beradaptasi ketimbang bekerja di jurusan yang sama sekali berbeda dengan Anda.

  1. Posisi Standard

Sudah seharusnya juga Anda sadar diri dan status Anda sebagai fresh graduate. Jangan berani-berani langsung mengincar posisi yang tinggi. Bukannya hanya ditolak mentah-mentah saja Anda juga bisa dijadikan dagelan. Nah, lho, dijadikan dagelan dan bukan tak mungkin kalau perusahaan iseng, Anda di-black list dan tidak bisa melamar lagi ke tempat yang sama karena “keangkuhan” Anda yang membidik terlalu tinggi.

  1. Administrasi

Biasanya pekerjaan yang cocok dilamar oleh fresh graduate adalah yang sifatnya administratif. Pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi. Tentunya untuk pemula ini cukup lumayan. Apalagi kalau Anda melamar di perusahaan yang lingkup pekerjaannya berbanding terbalik dengan jurusan Anda. Sehingga Anda perlu belajar dari dasar untuk mengetahui seluk-beluk perusahaan tempat Anda bekerja tersebut.

  1. Pegawai Bank

Kemudian profesi lain yang cocok untuk fresh graduate adalah pegawai bank. Secara pegawai bank biasanya selalu di-training sehingga sudah pasti Anda memulai dari awal. Bahkan saat sudah diterima Anda berada dalam posisi “kosong” dimana belajar dari nol semua tugas dan tanggung-jawab profesi dari A sampai Z. Secara yang namanya profesi sebagai pegawai bank memiliki kecakapan khusus yang tidak dipelajari di bangku kuliah.

  1. Freelance

Tidak ada salahnya Anda menerima pekerjaan yang tidak tetap. Lumayan sembari menunggu pekerjaan tetap impian Anda. Selain menerima fee, pekerjaan yang datang sesuai panggilan ini bisa “menghiasi” resume Anda.