Kolom Pencari Kerja

Pekerjaan Impian Membutuhkan Pengalaman sedang Anda Tak Punya? Ini Solusinya

Jika Anda sedang mencari pekerjaan impian namun jobdec-nya meminta pengalaman lebih dari 3 tahun yang tidak Anda miliki, apa yang harus Anda lakukan? Meskipun gelar sarjana menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi masa-masa perkuliahan tidak selalu memberi Anda semua keterampilan yang Anda butuhkan untuk mengambil langkah pertama di jalur profesional. Jadi, bagaimana Anda mendapatkan pengalaman yang cukup untuk memulainya?

1. Jangan Meremehkan Kemampuan Anda

Anda tidak boleh membiarkan kurangnya pengalaman menghalangi Anda untuk mencobanya. Pada umumnya perusahaan membuka kesempatan untuk kandidat tanpa pengalaman yang dirasa punya potensi untuk bergabung dengan perusahaannya.

Jadi, jika Anda menahan diri karena tidak memenuhi semua persyaratan untuk lowongan pekerjaan tersebut, saatnya untuk menjadi berani. Anda bisa kehilangan peluang dengan meremehkan nilai Anda sendiri.

2. Pertimbangkan Keterampilan Anda yang Dapat Dikembangkan

Pertimbangkan pengalaman kerja Anda dalam konteks apa yang telah Anda pelajari, bukan jabatan yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda pernah bekerja sebagai kasir, Anda telah mempelajari keterampilan mendengarkan, kesabaran, dan cara tetap tenang di bawah tekanan, serta cara membuat perubahan dan menyeimbangkan laci uang. Keterampilan tersebut akan berharga dalam pekerjaan apa pun yang melibatkan berurusan dengan publik.

3. Internship

Pilihlah perusahaan yang memang sudah lama Anda incar atau setidaknya bisa mengembangkan kualifikasi Anda kelak. Luangkan masa-masa internship ini untuk mencari peluang yang membantu mengembangkan keterampilan dan pengalaman terkait pekerjaan, dan pada akhirnya Anda dapat pindah ke pekerjaan yang lebih sesuai.

Bekerja sebagai intern juga dapat membantu Anda mengisi celah di resume Anda. Siapa tahu Anda bisa mengubah pekerjaan intern tersebut menjadi pekerjaan penuh waktu.

4. Ambil Freelance

Jika Anda mencoba untuk mendapatkan pengalaman kerja dan mengasah keterampilan Anda, Anda mungkin ingin bergabung dengan komunitas freelance. Memulai mengumpulkan pengalaman dengan cara bekerja paruh waktu bisa jadi solusi. Anda juga dapat membangun jaringan dengan bergabung di komunitas freelance.

5. Posting di Media Sosial

Bangunlah koneksi di media sosial. Utarakan apa yang Anda butuhkan serta potensi yang Anda punya. Anda akan takjub bagaimana respons netizen mengomentari dan melibatkan diri dengan minat Anda.