Kolom Pencari Kerja

Nilai “Jual” Si Calon Karyawan

Ada beberapa hal bisa menjadi nilai “jual” si calon karyawan buat perusahaan. Dan ini tidak semua dimiliki oleh orang banyak. Hanya orang-orang tertentu saja. Apa sajakah itu? Kalau Anda sudah mengetahuinya Anda bisa memaksimalkan dan memanfaatkan “kelebihan” Anda untuk merebut pekerjaan impian!

1. Pengalaman

Apalagi kalau pengalaman Anda sudah bertahun-tahun, lantas apalagi yang ditunggu-tunggu? Tentu saja perusahaan ingin sekali merekrut Anda. Makanya, ada baiknya sebelum memutuskan untuk berhenti di sebuah perusahaan, usahakan jangan terlalu cepat. Setidaknya setahun dua tahun supaya Anda bisa menyerap semua ilmu di sana sehingga memiliki nilai “jual” saat melamar ke tempat lain.

2. Masih “Terikat”

Ketika posisi Anda masih “terikat” dengan perusahaan lain ini menjadi nilai jual. Artinya Anda sebenarnya tidak terdesak secara ekonomi sehingga harus buru-buru mencari pekerjaan. Apalagi jika perusahaan tempat Anda masih bekerja lumayan bonafid dan punya nama, ini akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan tersebut.

3. Skill Lain

Jika Anda memiliki skill lain yang tidak berhubungan dengan job desk bisa jadi nilai plus. Misalnya Anda jago memotret, bukan tak mungkin suatu saat kelebihan Anda bisa menjadi keuntungan untuk perusahaan. Makanya, di kolom resume biasanya ditanyakan apa yang menjadi hobi Anda dan kemudian kemampuan bahasa serta kelebihan Anda. Ini bukan cara tim HRD untuk memperpanjang jumlah pertanyaan tetapi memang dibuat untuk menggali diri dan kepribadian Anda.

4. Cantik/Tampan

Memang sih ini fisik sekali. Tetapi jika Anda memiliki penampilan rupawan, Anda sudah naik satu langkah lebih awal. Kita tidak bisa berbohong, semua orang senang dengan orang-orang yang berpenampilan menarik. Apalagi kalau orang tersebut tidak hanya cantik namun memiliki kemampuan memikat dan mumpuni dalam soal kualitas. Apa tidak dilirik untuk dijadikan karyawan?

5. Link Luas

Adalah salah satu “pegangan” berguna lainnya bagi calon karyawan. Karena yang namanya link semua perusahaan—jenis apapun itu pasti membutuhkannya. Karena tidak ada usaha yang bisa berdiri sendiri. Pasti harus berhubungan dengan yang lainnya. Merupakan kelebihan kalau Anda mengenal banyak orang-orang profesional.