Kolom Pencari Kerja

Mengukur Peluang Anda diterima di Perusahaan

Supaya Anda tidak menjadi galau dan uring-uringan setiap waktu, mempertanyakan apakah Anda diterima atau tidak di perusahaan tersebut, Anda bisa membaca peluang Anda lewat antusias si pewawancara dan masa-masa saat wawancara berlangsung.

1. Bercerita Banyak

Jika si pewawancara sudah banyak bercerita mengenai perusahaan dengan detail. Misalnya apa saja yang dikerjakan perusahaan, klien-klien yang mereka terima sampai kepada permasalahan dalam tubuh perusahaan itu artinya pewawancara tertarik dengan Anda. Lebih dari sekadar tertarik malah. Cerita-cerita yang disampaikannya bukan hanya sekadar kata-kata saja tetapi juga ingin mengetahui bagaimana pendapat Anda mengenai apa yang disampaikannya tersebut.

2. Tidak Ada Saingan

Apabila setahu Anda tidak ada orang lagi yang menjadi saingan Anda berjuang untuk mendapatkan posisi tersebut itu artinya peluang besar di mata Anda.  Bisa jadi memang Andalah satu-satunya calon kuat untuk diterima di perusahaan tersebut.

3. Sesuai dengan Kemampuan

Terkadang adakalanya kita harus memercayai feeling sendiri. Cobalah Anda amati dan sadari job desk di perusahaan tersebut. Jika Anda merasa job desk-nya sangat Anda sekali dan Anda memang sudah paham benar mengenai seluk-beluk tugas tersebut, itu artinya Anda sudah berada di tempat yang tepat. Tinggal menunggu keputusan dari perusahaan untuk memanggil Anda saja bergabung di perusahaan tersebut.

4. Nomor Telepon

Bagian HRD memberikan nomor teleponnya untuk Anda ataupun meminta Anda untuk menyimpan nomor kontaknya. Bisa jadi ini adalah tanda-tanda kalau perusahaan memang sangat berminat kepada Anda. Sampai-sampai memberikan nomor kontak pribadi. Biasanya kalau masih tahap awal, HRD bisa menghubungi calon karyawan lewat telepon kantor—bukan kontak pribadinya.

5. Percepatan

Seharusnya Anda melakukan tes kedua seminggu setelah tes pertama dilakukan. Namun ternyata yang terjadi ada percepatan beberapa hari. Bisa menjadi pertanda kalau perusahaan sangat terdesak membutuhkan seseorang untuk posisi yang Anda lamar tersebut dan bisa jadi dan besar kemungkinan Anda adalah orang yang mereka cari. Dan ingin segera menyelesaikan proses seleksi yang panjang tersebut.