Kolom Pencari Kerja

Menerima Pekerjaan Atas Rekomendasi Teman

Kenapa tidak? Ada banyak plus yang bisa Anda peroleh jika bekerja di sebuah perusahaan atas rekomendasi teman. Inilah salah satu manfaat yang bisa diperoleh jika Anda memiliki pergaulan yang baik, luwes dan link yang luas.

Bukan tak mungkin salah satu teman sepergaulan Anda tersebut akan memberikan peluang bagi karier Anda. Pun, begitu jangan langsung senang dan menjalankan segala sesuatunya dengan santai, tetap ada aturan yang sejatinya harus Anda cermati sebelum menjalankan tugas baru Anda.

1. Jaga Nama Baik

Anda perlu menjaga nama baik teman tersebut. Sangat menjaga malah. Soalnya ketika Anda bekerja di perusahaan tersebut dengan menggunakan rekomendasi darinya, itu berarti dia percaya kepada Anda dan yakin Anda tidak akan mengecewakan kepercayaan tersebut.

2. Prestasi

Tunjukkan kalau Anda tidak menyianyiakan kesempatan yang diberikan kepada Anda tersebut dengan melakukan setiap tugas dengan maksimal. Ketika Anda masuk ke sebuah perusahaan atas rekomendasi seseorang maka perusahaan tersebut yakin kalau Anda akan memberikan yang terbaik kepada mereka. Buktikan saja kalau Anda bisa memberikan lebih dari yang terbaik.

3. Arogan

Karena merasa kenal “orang dalam” jangan sampai Anda bertindak arogan kepada rekan-rekan lain. Menganggap diri adalah spesial karena masuk tanpa proses perekrutan yang panjang—seperti yang lainnya. Bekerjalah seperti biasa, tetap rendah hati dan menjaga profesionalitas dalam setiap tugas yang diberikan kepada Anda. Menuntaskan kewajiban maka Anda akan mendapatkan hak yang sejatinya layak diperoleh.

4. Betah-betahin

Jangan juga bertindak seperti karyawan “hijau” yang ketika kepentok masalah lantas memutuskan untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain. Itu sangat tidak bisa untuk dilakukan. Bayangkan saja, Anda masuk atas rekomendasi teman, Anda tidak bisa seenak hati langsung cabut dari perusahaan dan pergi begitu saja. Perlu Anda ingat adalah Anda tidak hanya menjaga muka Anda tetapi juga teman Anda tersebut. Jadi jangan egois dan mencari nyamannya sendiri.

5. Mengeratkan Pertemanan

Dengan bekerja atas rekomendasi teman Anda akan semakin menambah serta memperluas link Anda. Bukan tak mungkin pertemanan semakin kuat dan bisa saling mendukung untuk kemajuan karier masing-masing.