Kolom Pencari Kerja

Mendapat Pekerjaan Dari Head Hunter

headhunterHead hunter adalah orang-orang yang memiliki pengalaman di bidangnya serta link luas, banyak mengenal orang dan sering dipercaya oleh perusahaan jika perusahaan membutuhkan karyawan. Kenapa orang membutuhkan head hunter, kenapa tidak menaruh iklan lowongan saja di media?

  1. Dipercaya

Terkadang perusahaan-perusahaan besar tidak mau membeli kucing dalam karung. Sehingga ketika perusahaan mereka terdesak membutuhkan karyawan, mereka lebih memilih untuk mendapatkan orang yang sudah bisa “dipercaya” dapat memegang jabatan tersebut.

Tentunya untuk menilai apakah orang tersebut memang sudah memiliki kualifikasi yang dicari maka perusahaan harus mengenalnya. Caranya adalah dengan mengetahui pasti rekam jejaknya dari seseorang yang mengenal calon karyawan tersebut—yaitu head hunter.

  1. Hemat Waktu

Salah satu alasan lain adalah menghemat waktu. Kalau harus menyebar iklan lowongan lagi, belum lagi masa seleksi, belum lagu adaptasi, terkadang perusahaan besar tidak mau membuang waktu untuk mengurusi hal-hal kecil semacam itu.

Mereka lebih suka menerima orang yang sudah pasti bisa. Bukan sekadar melihat CV lalu mempekerjakan orang tersebut tanpa tahu wujud nyata dari pekerjaannya sebelumnya. Perusahaan besar kerap menolak melakukan hal tersebut.

  1. Ada yang Bisa Dipegang

Satu lagi yang dianggap keuntungan oleh perusahaan ketika mempekerjakan seseorang dari head hunter adalah ada seseorang yang bisa “dipegang”. Maksudnya adalah bisa dibilang ada orang yang bisa “dimintai” tanggung-jawab jika sewaktu-waktu karyawan tersebut tidak bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Mengeratkan Jaringan Bisnis

Salah satu keuntungan lainya adalah pencarian karyawan melalui head hunter dilakukan untuk mengeratkan tali silaturahmi bisnis. Bukan tak mungkin ke depannya dengan usaha saling membantu seperti ini akan tercipta komunikasi yang baik, tetap saling terkoneksi dan menjaga stabilitas satu sama lain.

  1. Sudah Ketinggalan Zaman

Terkadang banyak perusahaan yang berpikir, menyebar iklan lowongan pekerjaan adalah sesuatu yang sudah sangat ketinggalan zaman. Sekarang era komunikasi dan jejaring sosial yang saling terkait satu sama lain.

Bisa mengenal si A dari si B dan dari si B bisa ketemu si C, lantas kenapa harus membutuhkan mediasi melaui iklan lowongan pekerjaan, jika ada cara yang lebih mudah, gampang dan banyak plusnya lagi.