Perencanaan Karir

Membuat Resume Kerja Menarik

Di zaman yang sangat menghargai kreativitas seperti saat ini, resume adalah salah satu modal utama untuk menarik perusahaan supaya memanggil Anda untuk melakukan wawancara. Seringkali Anda memiliki pengalaman yang cukup mumpuni namun tidak bisa mengemasnya. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk mengemas resume menjadi menarik.

1. Selalu Perbaharui

Pastinya setiap tahun Anda memiliki penambahan baru dalam pengalaman Anda bekerja. Rajinlah memperbaharui resume sehingga up date dan tidak ada yang ketinggalan info apapun mengenai kemampuan Anda.

Seringkali karena terlalu malas membuat Anda enggan untuk mengecek resume dan mengeditnya sesuai dengan apa yang terbaru saat ini. Mulai sekarang jadilah orang yang rajin memeriksa resume sendiri.

2. Tidak Berlebihan

Jangan terlalu berlebihan dalam membuat resume yang mengesankan Anda pandai dalam segala hal. Ini hanya akan membuat perusahaan merasa jengah dan langsung “mendepak” Anda begitu saja. Pula tidak memberi kesempatan buat Anda untuk mengikuti panggilan wawancara.

Karenanya ketika membuat resume buatlah seperlunya. Jangan juga mengarang sesuatu yang di luar kemampuan Anda. Sehingga tidak menjadikan masalah di kemudian hari bila perusahaan mencoba “kemampuan” Anda tersebut.

3. Tunjukkan Kualitas

Anda harus menempatkan kemampuan Anda pada bagian teratas bukan di belakang. Bisa jadi perusahaan terlalu malas untuk mengecek baik-baik resume Anda sehingga membaca bagian atasnya. Dan bukan tak mungkin bisa kehilangan detail Anda jika Anda hanya menempatkannya di bagian belakang.

4. Rapi

Hal yang tidak boleh diluputkan adalah persoalan kerapian. Anda harus rapi mengemas resume Anda supaya menarik di mata perusahaan. Jangan anggap sepele soal kerapian. Anda merasa pintar dan mumpuni sehingga mengemas resume secara asal-asalan. Tentunya saja perusahaan akan ogah untuk memanggil Anda.

5. Padat dan Berisi

Tidak perlulah sampai berlembar-lembar. Kalau perlu hanya satu lembar saja tapi mencakup semua “isi” Anda. Jangan sampai ada kesan berlebih-lebihan yang membuat perusahaan kehilangan minat dengan Anda. Padat dan berisi adalah kesan yang ingin didapat oleh perusahaan untuk calon karyawannya.