Kolom Pencari Kerja

Melamar Posisi Tinggi, Kenapa Tidak?

Kenapa Anda harus merasa tidak percaya diri kalau Anda ternyata memiliki kemampuan yang dicari oleh perusahaan tersebut. Anda sangat bisa melamar posisi “bos” kalau Anda memiliki hal-hal sebagai berikut:

1. Pengalaman

Jika Anda memiliki pengalaman yang cukup dan sesuai dengan posisi yang dicari tidka ada salahnya Anda untuk mencoba melamar posisi tersebut. Walaupun misalnya dikatakan mereka mencari orang dengan pengalaman 5 tahun ke atas untuk posisi tersebut.

Biasanya perusahaan memang memiliki ekspektasi tinggi. Salah satunya adalah untuk menyaring pelamar. Sehingga yang benar-benar melamar posisi tersebut adalah orang-orang yang serius dan pilihan.

2. Sertifikasi

Ternyata Anda memiliki keahlian yang dicari oleh perusahaan tersebut. Tidak hanya otodidak saja tetapi Anda memiliki sertifikat yang menyatakan Anda memang ahli di bidang tersebut. Tentu saja tidak ada alasan buat Anda untuk berlama-lama menunda melamar di posisi tersebut.

Apalagi jika ternyata sertifikat yang And amiliki bertaraf internasional. Biasanya satu hal yang menunda Anda untuk tidak menjatuhkan lamaran adalah rasa tidak percaya diri dan ketakutan akan saingan. Ini yang harus Anda enyahkan kalau mau maju dan berkembang dalam karier.

3. Dipercayakan

Anda sungguh beruntung bila memang Anda dipercayakan memangku jabatan yang cukup tinggi. Padahal kalau Anda melihat usia Anda masih terhitung junior, pun masih ada—menurut Anda yang lebih cocok memegang posisi tersebut.

Ditambah lagi Anda merasa pengalaman belum cukup banyak. Jika demikian, bisa jadi alasan Anda direkrut untuk posisi tersebut karena Anda tergolong orang yang cepat belajar dan memiliki kemampuan intelegensia tinggi. Tidak ada perusahaan yang mau merugi dengan merekrut orang yang tidak punya kemampuan untuk mengkoordinir sebuah tugas dan tanggung-jawab yang besar.

4. Mencoba

Kita tetap berpegangan pada kalimat, “tidak ada salahnya mencoba.” Toh, belum tentu Anda diterima dan belum pasti juga ditolak. Ada sebuah kesempatan di depan mata, tidak ada salahnya mencoba. Anda tinggal mengirimkan email lamaran, tidak perlu menghabiskan tenaga dan waktu juga, kan?