Dunia Kerja

Mau Jadi Data Entry? Ketahui Dulu Tugas dan Tanggung Jawabnya

Jika Anda memiliki keterampilan data yang hebat, gemar akan akurasi, dan kemampuan untuk bekerja sesuai tenggat waktu, entri data mungkin merupakan karier yang solid untuk dipertimbangkan.

Pekerjaan dalam entri data dapat membawa Anda ke berbagai industri, karena pemberi kerja di banyak sektor merekrut untuk posisi ini. Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan pekerjaan entri data? Pertama, perlu dicatat bahwa posisi ini umumnya tersedia dalam struktur konsultan independen, tetapi juga tersedia sebagai posisi penuh waktu, paruh waktu, atau lepas.

Dalam banyak kasus, pekerjaan entri data dapat menawarkan fleksibilitas kerja dari rumah yang luar biasa.

Profesional entri data menggunakan komputer dan program pemrosesan data untuk memasukkan informasi ke dalam database atau platform dokumentasi. Mereka mungkin juga diminta untuk menyalin data dari rekaman atau percakapan telepon. Sementara sebagian besar profesional entri data bekerja secara elektronik, dokumentasi kertas juga dapat digunakan, tergantung pada pemberi kerja.

Biasanya, banyak perusahaan hanya membutuhkan ijazah sekolah menengah untuk pelamar kerja yang ingin memulai karir entri data. Namun, dalam beberapa kasus (seringkali bergantung pada industrinya) gelar sarjana mungkin diperlukan.

Kualifikasi akademis akan diperjelas sebelum wawancara kerja entri data potensial. Menggunakan perangkat lunak pengolah data juga sering menjadi prasyarat, sehingga banyak perusahaan mencari kandidat yang mahir dengan platform seperti Microsoft Office atau program spreadsheet Microsoft Excel.

Di luar teknologi, kandidat dengan karakteristik berikut dapat menempatkan diri mereka dipada profesi ini.

1. Bisa mengorganisasi diri

2. Bisa memotivasi diri

3. Perhatian terhadap detail

4. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri atau sebagai bagian dari tim

5. Sopan dan santun

6. Berorientasi pada tenggat waktu

Entri data dapat menjadi peran ideal bagi orang yang menginginkan fleksibilitas kerja. Karena sebagian besar data dapat dimasukkan ke komputer pribadi, banyak pemberi kerja mencari profesional yang bekerja dari rumah untuk posisi entri data mereka. Pekerjaan entri data juga dapat menawarkan fleksibilitas kerja dalam bentuk peluang paruh waktu, sementara, atau lepas.