Wawancara Kerja

Kesalahan Bukan di Anda, 3 Alasan Kenapa Anda Tidak Lolos di Wawancara Kedua

Pencarian kerja penuh dengan rasa frustrasi, tetapi mungkin tidak ada yang lebih menyebalkan daripada terus menerus terjebak pada titik yang sama dalam proses wawancara. Apakah Anda kesulitan mendapatkan perhatian manajer perekrutan, atau kesulitan menutup kesepakatan dan mendapatkan tawaran, sulit untuk mencapai karier idaman Anda? Itu bisa terjadi ketika Anda tidak terpilih di wawancara kedua.

Sebelum menyimpulkan kesalaha ada di Anda, penting untuk diperhatikan bahwa ada banyak alasan mengapa Anda tidak mendapatkan wawancara kedua yang tidak ada hubungannya dengan Anda.

Jika Anda baru memulai proses pencarian kerja, dan Anda pernah melakukan satu atau dua wawancara pertama yang tidak mengarah pada tindak lanjut, jangan berasumsi bahwa masalahnya ada pada Anda. Bisa jadi itu karena:

1. Kebutuhan Perusahaan yang Berubah

Perusahaan melakukan perubahan setiap saat. Mereka memotong anggaran, mengalokasikan dana untuk peran yang berbeda, perpindahan divisi yang terkadang terjadi di tengah proses perekrutan Anda. Biasanya, dalam kasus ini, manajer perekrutan atau perwakilan SDM akan meminta maaf untuk memberi tahu Anda bahwa kebutuhan mereka telah berubah.

2. Mungkin Anda Tidak Cocok dengan Budaya Perusahaan

Kesesuaian budaya sama pentingnya dengan keahlian dalam hal perekrutan. Pekerja paling berbakat di dunia tidak akan produktif di lingkungan yang tidak cocok untuk mereka. Jika Anda adalah orang yang suka bekerja dengan tim, bekerja dari jarak jauh tidak akan menjadi pengalaman yang baik untuk Anda.

Jika Anda seorang introvert yang lebih suka bekerja sendiri, kantor dengan banyak karyawan dan interaksi yang intens tidak akan cocok dengan Anda.

3. Manajer Perekrutan Mungkin Secara Diam-diam Memikirkan Orang Lain

Kadang-kadang manajer perekrutan telah diberi mandat untuk mewawancarai kandidat dari luar, tetapi mereka lebih memilih kandidat internal. Anda bisa menjadi pelamar paling berkualifikasi di dunia, namun Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan itu.

Jika perusahaan tersebut memang incaran Anda sejak lama, jangan mudah menyerah. Sembari mencari peluang lain, tetaplah terhubung dengan segala informasi dan koneksi di perusahaan yang menolah Anda tersebut. Dengan tetap terhubungu, ketika posisi lain diposting, Anda dapat memanfaatkan pengetahuan dan koneksi tambahan Anda agar menonjol. Bisa jadi ini adalah jalan buat Anda berhasil melewati proses wawancara dan mendapatkan tawaran pekerjaan!