Kolom Pencari Kerja

Kenapa Melamar Posisi yang Lebih Rendah Ketimbang Sebelumnya?

Untuk menyeimbangkan antara komitmen, kebutuhan dan keluarga atau bisa juga alasan personal lain, bisa saja Anda melamar posisi yang levelnya lebih rendah. Masalahnya adalah ketika Anda diwawancarai, manajer perekrutan menanyakan alasan tersebut.

Bagaimana harus menjawabnya? Anda harus yakinkan pewawancara kalau Anda akan berinvestasi penuh dalam pekerjaan Anda, dan Anda tidak hanya ingin bersantai dengan melamar posisi yang lebih rendah.

Pastinya pewawancara tertarik untuk menggali alasan Anda melamar di posisi yang lebih rendah dari sebelumnya dan apakah itu menjadi bagian dari rencana jangka panjang Anda atau tidak. Mereka mungkin juga ingin memastikan bahwa perlu tahu kalau gaji di posisi tersebut akan lebih rendah, dan tanggung jawabnya tidak akan setinggi pada peran sebelumnya.

Dengan mengajukan pertanyaan ini, pewawancara menginginkan penjelasan yang masuk akal mengapa Anda bersedia melepaskan status, gaji, dan tanggung jawab untuk pekerjaan di tingkat yang lebih rendah.

Pewawancara khawatir bsetelah beberapa bulan bekerja, Anda akan merasa bosan atau menyadari bahwa gajinya terlalu rendah, dan ingin pindah. Dari sudut pandang perekrut, ini cukup merugikan karena mempekerjakan dan melatih karyawan memakan waktu yang tidak lama.

Lantas, bagaimana menjawab pertanyaan ini? Pendekatan terbaik adalah membingkai jawaban Anda secara positif dengan fokus pada elemen menarik dari pekerjaan target Anda. Misalnya, Anda harus menjelaskan mengapa Anda bergerak menuju pekerjaan tingkat yang lebih rendah daripada menjauh dari posisi tingkat yang lebih tinggi saat ini.

Ada baiknya untuk memikirkan mengapa Anda ingin mengambil pekerjaan baru dan mempersiapkan diri Anda untuk menjawab pertanyaan dengan cara yang akan meyakinkan pewawancara bahwa posisi tersebut tepat untuk Anda.

Pertama, buat daftar aktivitas paling menarik yang terkait dengan pekerjaan target Anda. Kemudian pikirkan contoh saat Anda melakukan tugas serupa dan menerapkan keterampilan serupa di masa lalu, dengan mencatat apa yang Anda sukai dari aspek pekerjaan ini.

Bersiaplah untuk merujuk kesuksesan yang Anda capai dalam situasi tersebut dan tingkat kepuasan yang Anda peroleh. Terkadang, membagikan alasan yang lebih pribadi mengapa Anda tertarik pada posisi level yang lebih rendah juga dapat membantu. Misalnya, mungkin Anda sedang mencari jadwal yang lebih mudah diatur atau tingkat stres yang lebih rendah.

Bagaimana? Siap melakukan wawancara?