Kolom Pencari Kerja

Kenapa Ada Lowongan Khusus untuk Internal?

Perekrutan internal adalah proses mengisi lowongan dengan menggunakan tenaga kerja dari dalam perusahaan. Kenapa ini dilakukan? Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengisi peran dengan cepat.

Perusahaan kadang menggunakan perekrutan internal untuk mengisi peran dalam bisnis mereka yang paling sesuai untuk memiliki pandangan atau pengetahuan orang dalam, serta mendorong loyalitas dan keinginan untuk maju bagi karyawan.

Perekrutan internal merupakan aspek penting buat perusahaan karena dapat menghemat waktu, uang, dan sumber daya jika dibandingkan dengan merekrut secara eksternal. Ada beberapa jenis rekrutmen internal seperti:

1. Promosi: Bentuk perekrutan internal yang paling banyak digunakan adalah yang diharapkan semua orang.

2. Transfer: Transfer biasanya memerlukan pindah ke pekerjaan yang sama di lokasi berbeda atau pekerjaan dengan level serupa di departemen berbeda.

3. Intern ke permanen: Mirip dengan promosi, tapi dari karyawan intern menjadi karyawan tetap.

4. Referensi dari karyawan: Referensi dari karyawan sendiri adalah cara yang bagus dan hemat biaya untuk mendapatkan kandidat yang memenuhi syarat. Sistem ini juga memastikan perusahaan mendapatkan kandidat yang memang lebih bisa beradaptasi dengan karyawan-karyawan lainnya.

Jadi, kenapa ada lowongan khusus untuk internal?

1. Mengurangi biaya pelatihan

Dengan memanfaatkan karyawan yang sudah dimiliki perusahaan,  perusahaan tidak perlu melatih karyawan baru. Bahkan jika sistem baru atau proses kecil lainnya perlu diajarkan, tidak harus melalui seluruh pelatihan sehingga dapat lebih menghemat waktu dan uang secara signifikan.

2. Menyemangati karyawan

Sistem perekrutan internal ini dapat meningkatkan semangat karyawan karena semua orang ingin merasa mereka penting dalam perusahaan mereka. Melakukan perekrutan internal dapat membuat karyawan merasa menjadi bagian penting dari perusahaan dan ini akan meningkatkan loyalitas mereka.

3. Mengurangi posting tentang pekerjaan dan memangkas biaya perekrutan

Dengan merekrut dari dalam, perusahaan dapat mengurangi bujet untuk memposting ataupun mengiklankan pencarian kerja serta menghemat tenaga dalam menyaring kandidat yang tidak memenuhi syarat.

4. Mengurangi turnover karyawan

Dalam banyak kasus, turnover yang tidak direncanakan adalah pengalaman yang tidak menyenangkan dalam perusahaan. Tingkat keluar masuk karyawan yang tinggi bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres di perusahaan. Dengan mencocokkan kandidat internal dengan peran yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka, perusahaan juga dapat meningkatkan peluang karyawannya bertahan lama untuk jangka panjang.