Perencanaan Karir

Karyawan Generasi Y Ini Adalah Nilai Jual Anda

Tidak bisa dibohongi sekarang adalah zamannya teknologi dan sosial media dimana perputaran dunia kerja semakin cepat. Setiap tahunnya ada berapa jumlah sarjana muda yang baru menyelesaikan sekolahnya. Belum lagi orang-orang terlatih tapi tidak terdidik dalam arti tidak menyelesaikan proses pendidikan di rumah yang menjadi saingan Anda para pekerja dari generasi Y.

Lantas dengan tingkat persaingan yang semakin ketat ini apakah Anda masih memiliki kesempatan untuk masuk dalam arena kerja? Tentu saja ada!

1. Kunci Utama Adalah Pengalaman

Kunci pertama yang harus Anda pegang adalah pengalaman. Kelebihan Anda terletak pada pengalaman yang Anda miliki. Inilah yang menjadi tombak Anda untuk bersaing dengan pekerja-pekerja lain. Perkaya kembali pengalaman Anda, niscaya Anda tetap memiliki nilai jual dibanding generasi milenial.

2. Incar Posisi Lebih Senior

Incar posisi yang lebih senior untuk “menghindari” persaingan dengan generasi milenial. Memang tidak menutup kemungkinan posisi senior saat ini pun juga dipegang oleh generasi milenial tapi Anda memiliki satu hal yang tidak mereka punyai yaitu pengalaman. Boleh saja sekarang dunia kerja dikuasai oleh orang-orang yang menguasai teknologi tapi tanpa pengalaman manual semuanya sia-sia saja.

3. Pelajari Teknologi

Mau tak mau Anda harus melibatkan diri dengan penguasaan teknologi. Jangan sampai Anda tertinggal dengan segala sesuatu yang berbau teknologi yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Jika Anda menolak penguasaan teknologi, inilah yang menjadi nilai minus Anda dengan pekerja milenials lainnya.

4. Menjadi Lebih Kreatif

Salah satu kemenangan generasi milenials adalah mereka mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pasar sekarang da tentu saja kreatif. Oleh karena itu jangan sampai Anda kalah saing dengan mereka dari segi kreatifitas. Asah kemampuan Anda berpikir dengan beradaptasi dengan perkembangan yang ada sekarang.

5. Mental yang Tangguh

Mental yang tangguh terbentuk dari pengalaman yang lama. Ini bisa menjadi kuncian buat Anda dalam bersaing dengan generasi milenials yang jujur saja sebagian dari mereka gampang menyerah dan cepat berubah-ubah mood-nya.