Dunia Kerja

Ingin Pendapat Diterima Rekan Kerja?

employee-opinionDalam setiap meeting tentunya setiap orang selalu diperhadapkan pada situasi dimana harus mendapatkan titik temu supaya hasil meeting bisa bulat dan menentukan apa yang akan dilakukan. Setiap peserta meeting selalu berusaha meyakinkan kalau apa yang menjadi pendapatnya adalah jalan keluar yang terbaik.

Anda pernah berada di situasi yang sama? Diperhadapkan pada beberapa pendapat sebelum akhirnya apa yang Anda yakini benar? Tidak pernah diterima? Berikut yang bisa Anda terapkan ataupun lakukan supaya rekan-rekan lain bisa menerima saran ataupun solusi Anda.

  1. Yakin

Hal pertama yang seharusnya Anda lakukan adalah meyakini kalau apa yang akan Anda utarakan adalah solusi yang baik dan tepat. Bagaimana Anda mau meyakinkan orang lain kalau Anda sendiri pun tidak yakin dengan apa yang Anda katakan. Karenanya Anda harus meyakinkan diri dulu sebelum akhirnya maju.

  1. Menguasai

Kemudian yang wajib untuk Anda lakukan adalah menguasai bahan yang akan Anda sampaikan untuk menguatkan pendapat Anda tersebut. Jangan sampai ketika yang lain bertanya Anda tidak punya jawaban untuk itu. Pastinya ketika Anda mengutarakan pendapat ataupun solusi akan datang pematahan-pematahan dari rekan lain yang melihat kelemahan-kelemahan dari solusi Anda.

  1. Punya Jawaban

Anda harus punya jawaban untuk semua pertanyaan yang akan diutarakan oleh rekan-rekan lain. Kalau Anda tidak punya jawaban, mereka akan meragukan apa yang Anda katakan. Ingat Anda tidak hanya “melawan” satu orang saja tetapi juga seluruh peserta rapat. Jangan terkejut dengan pertanyaan-pertanyaan yang diutarakan peserta rapat. Sudah seharusnya Anda menduga bakal ada pertanyaan-pertanyaan demikian.

  1. Cara Penyampaian

Terkadang pendapat Anda ditolak bukan karena apa yang Anda tawarkan itu tidak bagus tetapi penyampaiannya yang salah. Entah dari sisi penyampaian Anda tidak terlihat meyakinkan, bahasa yang kurang runut, intonasi suara yang bergetar ataupun penyampaian yang tergesa-gesa.

  1. Terkesan Memaksa

Jangan sampai ada kesan memaksa ketika Anda menyampaikan pendapat Anda tersebut. Jika peserta lain menangkap Anda terkesan memaksakan rasanya seperti solusi itu Anda buat untuk keuntungan Anda saja ataupun tidak mau repot.