Wawancara Kerja

Hal yang Harus Diperhatikan saat Wawancara Kedua

Anda telah berhasil melalui wawancara kerja pertama Anda dengan sangat baik, ini terbukti dari undangan untuk melakukan wawancara putaran kedua. Kira-kira apa yang harus Anda lakukan di wawancara kedua supaya peluang Anda untuk diterima kerja semakin besar?

Apa yang semestinya Anda tanyakan selama wawancara kedua? Beberapa pertanyaan wawancara mungkin sama dengan pertanyaan yang Anda ajukan pada wawancara pertama, tetapi pertanyaan lain akan sangat berbeda. Bagaimana supaya sukses di wawancara kedua?

1. Cocokkan Kualifikasi Anda dengan Pekerjaan

Sebelum wawancara adalah waktu yang tepat untuk mencocokkan kredensial Anda dengan persyaratan posisi yang Anda lamar. Tinjau posting pekerjaan yang Anda lamar, serta daftar pekerjaan perusahaan lainnya. Anda akan mendapatkan ide bagus tentang apa yang diinginkan perusahaan dari orang yang mereka pekerjakan dengan meninjau deskripsi pekerjaan.

Renungkan apa yang Anda pelajari tentang pekerjaan dan perusahaan selama wawancara pertama Anda. Buat daftar kualifikasi Anda yang sesuai dengan apa yang dicari pemberi kerja pada kandidat yang tepat. Persiapkan beberapa contoh bagaimana Anda telah menggunakan atribut yang paling cocok di tempat kerja. Pada intinya tujuan Anda adalah untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang dapat membantu mereka mencapai tujuan perusahaan.

2. Bersiaplah untuk Berbagi Informasi Lebih Lanjut

Jika Anda memiliki portofolio atau contoh dari hasil pekerjaan yang lain, penting untuk membawanya ke wawancara kali ini, bahkan jika Anda sudah menunjukkannya di pertemuan pertama.

Selama wawancara kedua, tidak jarang perusahaan mendatangkan orang lain, seperti calon anggota tim atau karyawan lain yang mungkin bekerja dengan Anda sehari-hari. Beberapa dari orang-orang ini mungkin akan memberikan pertanyaan spontan dalam proses wawancara.

Jadi Anda harus bersiap untuk memberikan pidato singkat Anda dan mendemonstrasikan keterampilan dan kemampuan Anda secara efektif dan efisien supaya mereka tahu kualitas Anda. Penting untuk mempromosikan diri Anda kepada semua orang yang Anda temui, karena setiap orang yang Anda ajak bicara mungkin memiliki masukan untuk keputusan perekrutan.

3. Berikan Tanggapan yang Konsisten

Ingatlah untuk konsisten. Pewawancara Anda akan membandingkan catatan, jadi penting bahwa apa yang Anda katakan kepada satu pewawancara cocok dengan apa yang Anda katakan kepada yang lain. Tinjau resume Anda sebelumnya dan buat catatan setelah wawancara pertama Anda. Dengan cara ini, Anda akan mengingat apa yang Anda ucapkan pertama kali.